Alur Jualan di Shopee, Cara Buka Toko Sampai Tips Biar Laris

Tentukan dari sekarang, mau jadi dropshipper atau stok barang sendiri. Semua bisa dilakukan dengan jualan di Shopee. Mau jadi pengusaha tanpa modal, bisa! Mau jadi pengusaha sukses dengan model minim, lebih bisa!

Modal yang perlu Anda siapkan untuk bisa buka toko di Shopee adalah akun. Pertama, jadilah member Shopee dulu. Daftarkan akun dan buka toko Anda. Soal stok, harga, dll, itu dipikirkan belakangan. Yang penting, Mulai Jual dulu. Bagaimana caranya?

Begini alur dan cara jualan di Shopee untuk pemula yang benar

Jika Anda masih pemula, silakan ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini untuk bisa sukses di marketplace ini:

Begini alur dan cara jualan di Shopee untuk pemula yang benar

Bikin akun shopee

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat akun. Pembuatan akun bisa dilakukan melalui aplikasi di HP dan melalui situs di komputer.

Registrasi bisa dilakukan dengan memasukkan nomor Hp, email, atau akun media sosial. Kemudian, Anda akan mendapatkan username dan password yang bisa digunakan untuk login.

Cara membuat toko di shopee

Setelah membuat akun, Anda bisa melakukan pembelanjaan pertama. Anda bisa latihan cara belanja di shopee dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membuka toko.

Jika ingin buka toko, silakan kunjungi halaman Saya yang terletak di bagian bawah layar HP di aplikasi Shopee. Di sini, Anda akan masuk ke profil akun. Silakan klik Mulai Jual kemudian tambah produk dan ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk bisa berjualan di marketplace ini.

Produk bisa Anda upload melalui kamera (difoto langsung), foto (foto produk sudah tersimpan di galeri), dan instagram. Dari ketiga pilihan tersebut, yang paling mudah adalah instagram sebab Anda tak perlu lagi menulis deskripsi produk dan memilih tagar saat upload.

Mengenal Shopee Seller Centre

Upload produk bisa dilakukan melalui komputer. Di sini tampilan toko akan jauh lebih luas sebab ada Shopee Seller Centre. Ini adalah fitur analisa penjualan di toko. Jadi, profil, deskripsi, banner, pemasaran, penjualan, dan yang lainnya ada di sini.

Lihat juga >>  5 Contoh Dropship, Bisnis Online Tanpa Modal Pasti Laku

Untuk bisa masuk ke sini, Anda cukup masuk lewat browser di komputer atau HP. Kalau mau masuk lewat browser HP, usahakan untuk mengubah tampilan ke tampilan desktop.

Jangan lupa memasukkan nomor rekening dan alamat toko

Hasil penjualan Anda akan ditransfer Shopee ke rekening. Oleh karena itu, tuliskan nomor rekening secara benar. Anda bisa memasukkan lebih dari 1 nomor rekening.

Masukkan juga alamat toko. Alamat toko inilah yang akan menjadi acuan perhitungan ongkos kirim. Jadi sesuaikan dengan lokasi pengiriman barang.

Bagaimana agar toko bisa memberikan gratis ongkir?

Semua toko di marketplace ini punya kesempatan yang sama untuk bisa dapat fitur free ongkir. Tapi mereka harus mendaftarkan diri terlebih dulu.

Untuk mendaftar, cukup sediakan KTP dan berfotolah dengan KTP Anda. Upload ke Shopee Seller Centre dan tunggu verifikasi.

Jika sudah terverifikasi, biasanya akan muncul ikon truk berwarna hijau di produk yang Anda jual setiap kali dicari atau dilihat oleh calon pembeli.

Cara berjualan di Shopee agar cepat laku

Setelah memiliki toko dan upload produk. Lakukan tips di bawah ini:

  1. Seringlah menaikkan produk.
  2. Ikutilah promo yang disediakan oleh marketplace setiap bulannya.
  3. Pasang iklan, jika perlu.
  4. Tambah jumlah follower.

Untuk bisa menambah atau menaikkan jumlah follower, Anda bisa melakukannya dengan sering membuat feed atau beli followers shopee terbaik.

Cara berjualan via Shopee tanpa modal dan tanpa stok barang

Jadilah dropshipper jika memang Anda ingin berjualan tanpa modal dan tanpa stok barang. Pilihlah salah satu produsen atau toko grosir yang menjual barang kualitas tinggi tapi murah.

Upload fotonya ke toko Anda. Sesuaikan alamat toko dengan alamat toko grosir tersebut. Selanjutnya berjualanlah dengan baik agar laris. Modal Anda hanya iklan dan sering menaikkan produk.

Lihat juga >>  Tips Menaikkan Reputasi Tokopedia & Penyedia Jasa Terbaik

Jualan di Shopee bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mudah, aman, dan menghasilkan. Mulai dulu saja dan jadilah pengusaha sukses berikutnya!

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami