Cara menghapus verifikasi KTP di Shopee tentu sudah banyak dicari oleh para penggunanya. Pada dasarnya, Shopee merupakan salah satu e-commerce yang memiliki banyak fitur menarik, termasuk ShopeePay. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai cara menghapus verifikasi KTP, yuk simak ulasan berikut.

Bagaimana Cara Menghapus Verifikasi KTP di Shopee?

Cara Menghapus Verifikasi KTP di Shopee

Ketika menggunakan fitur pada Shopee, terkadang para pengguna akan diminta untuk melakukan verifikasi Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Perlu diketahui, tanda pengenal ini hanya bisa digunakan pada satu akun saja.

Karena itu, ketika ingin pindah ke akun lain, maka penghapusan verifikasi KTP diperlukan. Adapun beberapa cara mudah untuk menghapus verifikasi tanda pengenal di akun Shopee, di antaranya:

Buka aplikasi Shopee

Langkah pertama untuk menghapus verifikasi adalah membuka aplikasi Shopee pada smartphone. Akan tetapi, pastikan bahwa koneksi internet yang digunakan sudah lancar dan stabil. Sebab, ketika koneksi internet tidak stabil, maka proses penghapusan verifikasi KTP sulit untuk dilakukan.

Klik menu Saya lalu Pengaturan

Jika sudah berhasil masuk ke aplikasi Shopee, pengguna bisa langsung klik menu Saya yang berada di pojok kanan bawa. Menu ini biasanya terdapat di sebelah menu Notifikasi pada aplikasi Shopee.

Ketika sudah berada di menu Saya, nanti pengguna akan melihat beberapa opsi, seperti pesanan, dompet, shopee member, favorit saya, dan lainnya. Kemudian, klik icon Pengaturan yang berada di pojok kanan atas atau sebelah kiri icon Keranjang.

Lihat juga >>  Jasa Follower Tokopedia, Solusi Instan Perbesar Toko Online

Pilih Ajukan Penghapusan Akun

Setelah berada di halaman Pengaturan Akun dan scroll atau gulir ke bawah layar smartphone hingga menemukan menu Ajukan Penghapusan Akun. Biasanya, menu ini berada di paling bawah pada aplikasi Shopee.

Nantinya, pengguna akan mendapatkan peringatan, berupa “Mohon perhatikan bahwa setelah akun Anda dihapus, Anda tidak dapat memulihkannya kembali”. Apabila dirasa sudah siap, maka silakan tekan OK untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Ketika sudah klik OK, ada beberapa informasi penting yang harus dibaca, seperti koin Shopee yang tersedia akan hangus, akun tidak boleh memiliki pesanan belum selesai, dan sejenisnya. Pada tahap ini, pengguna bisa pilih Lanjutkan dengan tombol berwarna orange.

Masukkan kode verifikasi

Langkah untuk menghapus verifikasi KTP di Shopee selanjutnya, yakni memasukkan kode verifikasi. Biasanya, pihak Shopee akan memberikan beberapa cara dalam menerima kode tersebut.

Cara menerima kode bisa melalui WhatsApp atau setelah default maupun cara lain. Untuk langkah ini, pengguna cukup klik tombol “Send Me” saja. Jika kode sudah diberikan, silakan masuk dan tekan Lanjut untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Berikan alasan yang jelas

Dalam proses penghapusan akun, pengguna nantinya diharuskan untuk memberikan alasan yang jelas. Sebaiknya, jelaskan dengan ringkas dalam masuk akal mengenai alasan ingin menghapus akun Shopee. Jika alasan yang diberikan tidak masuk akal, pihak Shopee kemungkinan bisa membatalkan permintaan penghapusan tersebut.

Masukkan alamat email

Langkah berikutnya, masukkan alamat email yang sesuai dengan akun Shopee terdaftar. Fungsi dari email ini adalah nantinya pihak Shopee akan memberikan informasi kepada pengguna apakah penghapusan akun berhasil atau tidak.

Setelah memasukkan alamat email, maka diwajibkan untuk mencentang “Saya setuju dengan Syarat & Ketentuan penghapusan akun”. Kemudian, klik Kirim agar proses penghapusan akun ShopeePay bisa berjalan dengan cepat.

Lihat juga >>  Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang, Mungkinkah?

Syarat untuk Menghapus Verifikasi KTP di Shopee

Penghapusan verifikasi KTP di akun Shopee sebenarnya tidak sulit asalkan sudah memenuhi persyaratan yang berlaku. Beberapa syarat yang harus dipenuhi saat ingin menghapus verifikasi tanda pengenal, antara lain:

  • Nomor handphone yang terdaftar di akun Shopee masih aktif sebab akan digunakan untuk menerima kode OTP saat proses penghapusan.
  • Telah melunasi seluruh tagihan yang diajukan pada Shopee PayLater.
  • Smartphone yang digunakan untuk menghapus verifikasi KTP sudah terhubung ke jaringan internet dan stabil.
  • Masih mengingat PIN yang dipakai pada aplikasi Shopee.

Apabila salah satu syarat tidak terpenuhi, maka pihak Shopee bisa saja menolak permintaan penghapusan verifikasi KTP. Agar permohonan tidak ditolak, pastikan juga untuk memerhatikan tahapan penghapusan dengan tepat sesuai instruksi yang sudah dijelaskan.

Kelebihan dan Kekurangan Menghapus Verifikasi KTP

Selain ShopeePay, verifikasi KTP juga dibutuhkan untuk pembayaran dengan sistem PayLater. Dengan menghapus verifikasi KTP, maka terdapat berapa kelebihan dan keuntungan bagi para pengguna Shopee PayLater, seperti:

Keuntungan menghapus verifikasi KTP

Penghapusan verifikasi KTP pada Shopee bisa membantu pengguna terhindar dari bunga cicilan. Selain itu, keuntungan lain yang mungkin didapatkan adalah melatih diri agar tidak memiliki utang dengan layanan PayLater serta membuat saldo ShopeePay menjadi aman karena bisa dipindahkan ke rekening bank.

Kekurangan menghapus verifikasi KTP

Meski memiliki keuntungan, verifikasi KTP mungkin akan menyebabkan pengguna tidak bisa login kembali menggunakan akun yang sudah dihapus. Kekurangan lainnya, yaitu tidak dapat menggunakan nomor ponsel yang sama dan sulit untuk mengajukan pendaftaran dengan data KTP tersebut.

Demikian informasi terkait cara menghapus verifikasi KTP di Shopee yang perlu diketahui. Jika sudah siap dengan segala konsekuensinya, seperti koin dan saldo yang hapus, maka penghapusan bisa segera dilakukan.

Lihat juga >>  Cara Membatalkan Pesanan di Shopee, Belum & Sudah Bayar

Psst, kamu juga bisa loh menambah followers toko shopee kamu. Dengan jumlah followers yang banyak, toko kamu akan terlihat semakin terpercaya di mata calon konsumen kamu. Kamu bisa membeli followers shopee melalui jasa pojoksosmed loh.