Sudah tahu tentang fitur autentikasi dua faktor Instagram? Fitur tersebut digunakan untuk meningkatkan keamanan akun para penggunanya. Ketika pengguna lupa kode autentikasi dua faktor Instagram, maka bisa melakukan kode pemulihan ataupun pemulihan akun langsung lewat aplikasi Instagram. 

Sekilas Tentang Fitur Autentikasi Dua Faktor Instagram

lupa kode autentikasi dua faktor Instagram

source: bukugue.com

Sebelum mengetahui cara mengatasi lupa kode pada fitur autentikasi Instagram, maka kalian perlu memahami kinerja dari fitur satu ini. Jadi, autentikasi dua faktor Instagram merupakan salah satu fitur yang dikeluarkan oleh pihak Instagram untuk menambah keamanan akun semua penggunanya. 

Terkadang ada pengguna Instagram yang mengalami masalah akun terkena hack dan digunakan untuk melakukan tindakan kriminal tertentu. Tindakan tersebut bisa terjadi karena ada pihak yang tahu mengenai username dan sandi Instagram, sehingga leluasa menggunakan akun tersebut. 

Dengan mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor Instagram, maka siapapun yang akan login dengan menggunakan alamat akun kalian, perlu memasukkan kode konfirmasi sebanyak 6 digit. Saat kode yang dimasukkan salah, maka siapapun juga tidak bisa melakukan login pada akun Instagram tersebut. 

Bagaimana ketika lupa kode autentikasi dua faktor Instagram account? Pengguna bisa mengatasinya dengan melakukan kode pemulihan. Dengan kode pemulihan tersebut, maka kalian bisa mendapatkan kesempatan untuk membuat kode verifikasi baru untuk menjaga keamanan akun Instagram. 

Cara Mengatasi Lupa Kode Autentikasi Dua Faktor Instagram 

Mudahnya Cara Menebak Password Instagram

Lupa kode merupakan masalah yang sering kali terjadi dalam penggunaan fitur autentikasi dua faktor Instagram. Namun kalian tidak perlu khawatir saat mengalami lupa kode, karena bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa alternatif berikut ini. 

  • Mengajukan Kode Pemulihan

Apa yang dimaksud dengan kode pemulihan? Kode pemulihan merupakan semacam kode cadangan yang akan didapatkan ketika kalian menggunakan fitur autentikasi dua faktor Instagram. Untuk bisa mendapatkan kode pemulihan, maka ikuti langkah sesuai penjelasan di bawah ini. 

  1. Silahkan buka aplikasi Instagram, kemudian lakukan login dengan memasukkan username dan password aktif. 
  2. Klik “Masuk” kemudian pengguna akan diminta untuk memasukkan kode keamanan login. Bagi pengguna yang lupa kode keamanan bisa klik “Dapatkan Bantuan Login”. 
  3. Pilih opsi “Gunakan Kode Pemulihan”. Pada halaman selanjutnya, kalian bisa pilih “Kode Pemulihan” yang ingin digunakan. 
  4. Klik “Selesai” dan pengguna bisa login pada laman beranda Instagram. 
  • Melakukan Pemulihan Akun

Lupa kode autentikasi dua faktor Instagram app juga bisa diatasi dengan melakukan pemulihan akun. Cara ini biasa dilakukan oleh pengguna yang mengalami masalah Google Authenticator terhapus dan lupa dengan kode pemulihan yang sebelumnya dimiliki. 

Lihat juga >>  4 Cara Memindahkan Akun IG ke HP Baru Mudah! Pasti Sukses!! 2022

Akibatnya pengguna tidak bisa login aplikasi Instagram seperti biasanya. Namun kalian tidak perlu bingung, karena bisa melakukan alternatif pemulihan akun untuk bisa menggunakan Instagram kembali. Bagi yang penasaran dengan caranya, lakukan instruksi yang dijelaskan berikut ini.

  1. Silahkan buka aplikasi Instagram, kemudian lakukan “Login” dengan memasukkan username dan password aktif aplikasi. 
  2. Pilih opsi “Masuk” kemudian pengguna akan diminta memasukkan kode keamanan dari Google Authenticator ataupun SMS. 
  3. Klik opsi “Dapatkan Bantuan Login” lalu klik opsi berikutnya “Minta Bantuan”. Pada halaman berikutnya, pengguna bisa pilih “Permintaan Pemulihan Akun Instagram”. 
  4. Instagram akan meminta pengguna untuk mengisi form data berupa “Email Pendaftaran” dan lain-lain. Untuk email pendaftaran menggunakan username yang dulu pernah dihubungkan ke aplikasi Instagram. 
  5. Isi bagian “Email Preferensi” ketika email pendaftaran yang dulu digunakan masih aktif. Jika email pendaftaran sudah tidak aktif, maka isikan alamat email baru yang masih bisa di akses. 
  6. Pada halaman selanjutnya, pengguna akan diminta untuk memilih jenis akun yang sesuai dengan jenis akun Instagram baik itu akun Instagram bisnis, Instagram pribadi, atau akun Instagram random tanpa foto sendiri. 
  7. Kalian akan diminta untuk menambahkan rincian masalah yang sedang dihadapi. Silahkan tuliskan rincian masalah sedetail mungkin agar pemulihan akun cepat dilakukan.
  8. Klik “Kirim Permintaan” untuk melanjutkan proses pemulihan akun Instagram. 

Apakah Fitur Autentikasi Dua Instagram Aman Digunakan?

Gambar 3 - Tips membuat kata sandi buat email agar aman dari hacker

Mudah bukan, cara mengatasi lupa kode autentikasi dua faktor Instagram terbaru? Kemudian ada beberapa pengguna Instagram yang menanyakan terkait keamanan penggunaan fitur ini. Fitur kode autentikasi dua faktor Instagram tentu saja aman digunakan, bahkan justru menambah keamanan akun. 

Lihat juga >>  12 Nama-nama Efek IG Terbaru yang Harus Anda Coba

Berdasarkan pernyataan sebelumnya, fitur kode autentikasi dua faktor Instagram akan melindungi akun sehingga tidak sembarang orang bisa login ke akun Instagram kalian. Fitur autentikasi bisa mencegah para hacker yang ingin melakukan tindakan kejahatan menggunakan akun Instagram milik orang lain. 

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor Instagram? Kalian bisa menggunakan metode Duo Mobile dan melalui Google Autentikator. Aplikasi Duo Mobile secara khusus dikeluarkan oleh Instagram untuk dimanfaatkan saat mengaktifkan fitur autentikasi.

Begitu juga dengan Google Authenticator, kalian bisa mendownloadnya terlebih dahulu lewat Playstore untuk menggunakan aplikasi tersebut. Kedua metode sama-sama mudah digunakan dan bisa memberikan kode keamanan login yang kuat dalam waktu singkat. 

Ketika pengguna lupa kode autentikasi dua faktor Instagram bisa mengatasinya dengan melakukan kode pemulihan. Jika opsi tersebut tetap tidak bisa membantu, maka kalian bisa lakukan pemulihan akun Instagram dan mendapatkan kode keamanan yang baru.

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan berbagai macam service yang bisa kamu beli untuk mengembangkan akun instagram kamu dengan cepat. Kamu bisa membeli followers, membeli likes maupun membeli viewers untuk konten-konten instagram kamu.


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *