Instagram merupakan platform media sosial yang sangat populer saat ini. Para penggunanya tidak memandang usia dan gender. Tidak heran jika Anda bisa menemukan pria dan wanita, orang tua dan anak muda yang aktif sebagai pengguna di media sosial tersebut.

Saat ini jumlah pengguna Instagram di dunia mencapai 1,96 miliar orang pada kuartal I 2022. Peningkatannya mencapai 1,67% dari kuartal sebelumnya yang masih berjumlah 1,92 miliar orang Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna Instagram mencapai 97,38 juta orang pada Oktober 2022.

Pengguna Instagram memanfaatkan media sosial tersebut untuk berbagi hal-hal yang dianggap menarik dan bermanfaat melalui Instagram Stories. Unggahan di fitur tersebut bisa dilihat oleh para pengguna yang melakukan follow (followers) terhadap akun Instagram tertentu.

Hanya saja, terkadang Anda selaku pengguna yang terlanjur mem-follow akun Instagram tertentu merasa terganggu dengan postingan-postingannya. Entah karena Anda menganggapnya tidak pantas atau tidak bermanfaat sama sekali.

Di sisi lain, Anda merasa tidak enak untuk membatalkan follow (unfollow) terhadap akun tersebut karena merasa tidak enak jika sampai menyakiti pemilik akun Instagram tersebut. Apalagi jika pemilik akun adalah orang-orang yang Anda kenal.

Untuk mengatasi masalah ini, Instagram menghadirkan sebuah fitur yang bernama ‘mute’ atau bisukan. Fitur tersebut merupakan cara menyembunyikan Instagram Stories agar tidak muncul di beranda akun Instagram Anda.

Hanya saja, banyak pengguna yang belum tahu bagaimana cara menyembunyikan story di Instagram menggunakan fitur ‘Mute’ tersebut. Tapi jangan khawatir, artikel kali ini akan membagikan tata caranya secara detail.

Table of Contents

Apa Itu Instagram Stories?

Cara Menyembunyikan Instagram Stories

Sebelum masuk membahas tentang cara menyembunyikan Instagram Stories, terlebih dahulu akan dijelaskan secara detail mengenai apa itu Instagram Stories.

Perlu diketahui bahwa Instagram Stories adalah fitur Instagram yang sengaja disediakan untuk memudahkan pengguna dalam membagikan momen melalui unggahan gambar maupun video.

Fitur ini dirilis sejak tahun 2013 lalu dan merupakan salah satu ciri khas dan fitur paling disukai pengguna dari media sosial Instagram.

Melalui Instagram Stories, pengguna bisa membagikan video singkat berdurasi 15 detik kepada pengguna lainnya. Nantinya konten yang dibagikan akan hilang dengan sendirinya setelah diunggah dalam 24 jam. Oleh karena itu, setiap konten yang dibagikan di fitur ini dipastikan selalu yang terbaru dari pengguna.

Fitur yang biasa dipersingkat menjadi instastory ini tidak hanya digunakan oleh pengguna untuk berbagi momen, tetapi juga digunakan sebagai media promosi yang efektif.

Karena fitur tersebut sangat menarik, tidak heran jika kebanyakan para pengguna lebih tertarik untuk melihat Instagram Stories dibanding Feeds Instagram. Maka dari itu, tidak heran jika Instagram Stories menjadi fitur paling digemari.

Cara Membuat Instagram Stories

Sebelum mulai membahas bagaimana cara menyembunyikan Instagram Stories, tidak ada salahnya jika kita membahas cara membuat Instagram Stories terlebih dahulu. Dalam hal ini, ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Membuat Instagram Stories Langsung dari Kamera

Cara pertama ini dilakukan dengan memotret gambar atau membuat video langsung dari kamera perangkat Anda. Berikut detailnya :

  • Pertama, buka aplikasi Instagram di perangkat Anda terlebih dahulu.
  • Setelah berada di feed atau beranda Instagram, lakukan swipe layar ponsel dari kiri ke kanan. Nantinya Anda bisa melihat menu Instagram Stories.
  • Setelah berada di dalam menu story, Anda tinggal membuat story tersebut. Caranya, tap satu kali tombol lingkaran yang berada di tengah ketika ingin mengambil foto, dan tahan tombol tersebut ketika ingin mengambil video.
  • Selanjutnya, Anda tinggal mengambil foto/video, lalu mengunggahnya menjadi story dengan tap ikon panah ke kanan untuk mengunggah.
  • Selesai, kini Instagram Stories Anda sudah selesai.
Lihat juga >>  5 Cara Mengetahui DM IG Sudah Dibaca atau Belum Secara Mudah 2023

2. Cara Membuat Instagram Stories Menggunakan Foto/Video di Galeri

Cara membuat Instagram Stories yang kedua ini memiliki prinsip yang sama dengan cara pertama. Bedanya, cara kedua ini tidak mengambil gambar atau video menggunakan kamera secara langsung, tetapi mengunggahnya dari foto atau video yang terdapat di galeri.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, Anda perlu membuka aplikasi Instagram seperti biasa.
  • Selanjutnya, swipe layar ke kanan ketika Anda berada di halaman feed IG atau tap ikon tambah cerita (+).
  • Nantinya akan muncul menu story IG, lanjutkan dengan menggulir layar ke atas untuk membuka menu galeri.
  • Setelah itu, pilihlah foto/video yang ingin diunggah menjadi Instagram Stories.
  • Setelah itu, tekan tombol bagikan atau share.
  • Selesai, Instagram Stories Anda berhasil dibuat.

Detail Cara Menyembunyikan Instagram Stories

fitur instagram story

Setelah menyebutkan cara membuat Instagram Stories, selanjutnya kita melangkah ke pembahasan cara menyembunyikan Instagram Stories.

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, terkadang pengguna Instagram merasa kurang nyaman dan kurang cocok dengan konten yang masuk ke berandanya dari akun Instagram yang di-follow. Untuk itu, pengguna ingin menyembunyikan story tersebut agar tidak terlihat lagi di beranda akun Instagramnya.

Untuk menyembunyikannya tidak sulit, cukup ikuti saja langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, buka saja salah satu Instagram Stories milik pengguna lain yang ingin Anda sembunyikan.
  • Selanjutnya, klik titik tiga yang terdapat di sebelah kanan atas Stories tersebut.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi “mute” > “mute Stories”.
  • Selesai, kini Instagram Stories tersebut tidak terlihat lagi di beranda Instagram Anda.

Selain cara di atas, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan unggahan pengguna lain di Feed dan Story Instagram Anda. Caranya sangat mudah, berikut detail langkah-langkah yang perlu dilakukan :

  • Pertama, bukalah salah satu unggahan dari pengguna Instagram yang ingin disembunyikan.
  • Selanjutnya, klik “mute” > “mute Stories and feed”.
  • Selesai, secara otomatis unggahan pengguna tersebut tidak akan muncul lagi di feed dan Instagram Stories Anda.
Lihat juga >>  4 Cara Menyembunyikan Bio IG, Ternyata Sangat Mudah!

Jika suatu waktu Anda ingin melihat akun Instagram mana saja yang sudah Anda bisukan atau sembunyikan, tinggal pergi ke profil lalu klik ikon tiga garis horizontal yang terdapat di pojok kanan atas.

Selanjutnya, Anda hanya perlu memilih “settings” > “privacy” > “muted accounts”. Nantinya akan terlihat siapa saja pemilik akun Instagram yang sudah disembunyikan selama ini.

Jika kemudian Anda memutuskan untuk melihat kembali unggahan akun yang sudah disembunyikan sebelumnya, maka Anda hanya perlu mengaktifkannya kembali. Caranya, cukup ulangi langkah-langkah yang disebutkan di atas sebelumnya.

Hanya bedanya, Anda nantinya bukan memilih opsi ‘mute’ atau sembunyikan, tetapi justru memilih opsi “unmute Stories” dan “unmute post”.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu Instagram Stories, cara membuatnya, dan cara menyembunyikan Instagram Stories tersebut. Semua cara-cara yang disebutkan di atas sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana. Meskipun Anda tergolong pemula, dijamin tidak akan kesulitan melakukannya.

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan berbagai macam service yang bisa kamu beli untuk mengembangkan akun instagram kamu dengan cepat. Kamu bisa membeli followersmembeli likes maupun membeli viewers untuk konten-konten instagram kamu.


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *