Pengguna Instagram tentunya sering mengirimkan Direct Message atau DM. Nah, kalau pesan yang kamu kirim tak kunjung mendapat balasan dan kamu ingin tahu apakah pesan tersebut dibaca atau belum, maka bisa coba beberapa trik atau cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum.

5 Cara Mengetahui DM IG Sudah Dibaca atau Belum

Perlu diketahui bahwa sebenarnya cara melihat DM sudah dibaca atau belum terbilang cukup mudah. Kamu bisa melihatnya melalui aplikasi Instagram secara langsung. Namun selain itu, masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu coba.

Lebih jelasnya, berikut ini kami akan bagikan beberapa cara untuk melihat pesan di IG apakah sudah dibaca oleh penerima atau masih belum. 

1. Cek Aktivitas Terakhir Aktif

Melalui di bagian pesan atau DM Instagram

Cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum yang pertama adalah dengan melihat kapan terakhir aktif. Untuk melihat jam terakhir aktif membuka aplikasi Instagram bisa dilakukan pada fitur DM. 

Jika kamu masih belum tahu bagaimana caranya, silahkan langsung saja simak tahapan caranya di bawah ini:

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Instagram yang ada di perangkat.
  • Tap ikon DM atau ikon pesawat kertas yang ada di bagian pojok kanan paling atas.
  • Kemudian kamu akan diarahkan masuk ke DM. Disinilah kamu bisa lihat kapan pengguna yang kamu kirimi DM terakhir aktif.
  • Di sebelah DM ada sebuah ikon profil yang menunjukkan tulisan aktif 10 menit atau beberapa jam yang lalu.
  • Sekarang kamu bisa menyimpulkan apakah dia mengabaikan pesan kamu atau dibalas nanti. Atau mungkin dia masih belum buka Instagram setelah dikirimi pesan.
Lihat juga >>  Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Instagram Kita dengan Mudah 2022

Namun jika dia sedang aktif di Instagram yang ditunjukkan dengan logo berwarna hijau, maka kemungkinan besar pesan tersebut sengaja tak diabaikan. Buat apa juga ditunggu lama tapi tak kunjung dibalas.

2. Mengirimi Pesan Berupa Foto atau Video

last seen instagram lewat DM

Tips atau cara yang bisa kamu coba berikutnya adalah dengan membuat penerima pesan menjadi penasaran dengan apa yang kamu kirimkan. Kamu bisa mengirim pesan DM berupa video, foto atau bahkan voice note.

Sebab dengan cara ini, maka penerima tidak bisa mengetahui pratinjau dari menu lobi chat DM yang ada di Instagram. Hal ini tentu berbeda jika pesan yang dikirim berupa tulisan, karena penerima bisa melihat tanpa harus membuka pesan tersebut. 

Jadi jika ingin mengirim pesan sebaiknya berupa video pendek, foto, atau voice note, karena mau tidak mau penerima harus membuka pesan jika ingin mengetahui isinya. 

3. Kirim Pesan lebih dari Satu

Cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum juga bisa dilakukan dengan mengirim banyak pesan, kamu bisa kirim pesan secara ulang sebanyak 2 atau 3 kali. Tujuannya masih sama, yaitu supaya penerima pesan merasa penasaran dan ingin membuka pesan yang sudah kamu kirimkan.

Jadi ketika mengirim sebuah pesan dan masih belum juga dibalas, kamu bisa coba kirimi lagi pesan yang lain. Tunjukkan bahwa pesan atau DM yang kamu kirim pada penerima pesan tersebut benar-benar berisi hal yang sangat penting.

4. Kirim Pesan dengan Kalimat Panjang

DM Pesan dengan Kalimat Panjang

Selain pesan berupa video ataupun mengirim pesan lebih dari satu, ternyata penggunaan kalimat  panjang juga sangat berguna. Jika kamu mengirim DM di Instagram menggunakan kalimat atau kata-kata yang terlalu panjang, maka yang muncul di notifikasi layar hanya sebagian kalimat saja. 

Lihat juga >>  12 Cara Menjadi Selebgram Pemula dan Menghasilkan Uang

Cara seperti ini sebenarnya tidak berlaku untuk pesan di Instagram saja, tapi juga untuk media sosial yang lain seperti WhatsApp atau Facebook. Jadi ketika penerima ingin mengetahui pesan yang kamu kirim secara lebih lanjut atau lengkap,  maka penerima harus membuka DM tersebut di Instagram.

5. Cek Tulisan Dilihat di Bawah Pesan

Terakhir, kamu bisa lihat tulisan di bawah bagian pesan yang terakhir kamu kirim kepada penerima. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa dalam Direct Message sendiri sebenarnya sudah ada sebuah tanda untuk mengetahui DM sudah dibaca, yakni dengan cara lihat tulisan Dilihat.

Caranya sendiri juga tak begitu sulit, kamu bisa ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Instagram.
  • Masuk ke bagian Direct Message atau DM. Buka salah satu pesan yang ingin kamu ketahui.
  • Nah, di bawah DM yang kamu kirimkan terakhir itulah akan ada tulisan Dilihat jika DM sudah dibaca. Namun jika tulisan itu tidak ada maka berarti DM kamu masih belum dibaca oleh penerima.

Kumpulan cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum di atas bisa kamu pilih salah satu yang paling mudah. Dengan mencoba cara ini maka kamu tak perlu bingung lagi mengenai pesan yang kamu kirimkan. Jika penerima tertarik tentu akan langsung dibalas dan jika tidak maka berarti diabaikan ataupun mungkin bahkan mereka sudah menghapus DM dari kamu.

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan berbagai macam service yang bisa kamu beli untuk mengembangkan akun instagram kamu dengan cepat. Kamu bisa membeli followersmembeli likes maupun membeli viewers untuk konten-konten instagram kamu.

Lihat juga >>  3 Cara Melihat Orang yang Melihat Sorotan Instagram Kita dengan Mudah 2022

morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *