Bagaimana cara mengarsipkan DM Instagram? Pastinya kamu pernah mendapat DM dari seseorang yang dimana jika diketahui oleh pasangan akan menjadi permasalahan. Namun kini kamu tak perlu bingung, kali ini kami akan bagikan bagaimana cara mengarsipkan pesan di Instagram.

2 Cara Mengarsipkan DM Instagram di HP Melalui Aplikasi

2 Cara Mengarsipkan DM Instagram di HP Melalui Aplikasi

IG memang memperbolehkan semua pengguna untuk sembunyikan atau arsip pesan yang ada. Arsip ini dilakukan supaya teman atau pasang yang login ke akun Instagram kamu nantinya tidak mengetahui pesan yang ada. 

Dengan cara ini kamu juga akan menjadi lebih nyaman saat bertukar pesan lewat pesan Instagram. Untuk mengarsipkan pesan di HP melalui aplikasi Instagram secara langsung bisa dilakukan dari isi percakapan dan notifikasi.

1. Mengarsipkan DM dari Isi Percakapan

Untuk cara ini kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Instagram melalui Google Play Store. Jika sudah terinstall Instagram dengan versi terbaru, biasanya DM sudah dilengkapi dengan fitur 2 tab yang berbeda.

DM yang kamu terima secara otomatis akan masuk dahulu ke tab Utama. Jika ingin hide chat di Instagram, kamu harus pindahkan ke tab umum. 

Agar semakin jelas, sebaiknya simak tahapan cara mengarsipkan DM Instagram di bawah ini:

  • Silahkan kamu download terlebih dahulu aplikasi Instagram dan Install dengan sempurna di Smartphone.
  • Jika sudah terpasang, maka bisa Login pada akun Instagram kamu.
  • Lanjutkan dengan masuk ke Direct Message, caranya adalah dengan klik ikon segitiga yang ada di pojok kanan paling atas.
  • Tap sekaligus tahan selama 4 detik untuk DM yang ingin di arsipkan, kemudian akan muncul sebuah menu di bawah DM tersebut.
  • Lalu pilih Pindahkan ke Umum.
  • Sekarang pesan yang sudah kamu tandai tersebut sudah berhasil di arsipkan.
Lihat juga >>  4 Cara Mengetahui Instagram Kita Dibuka Orang Lain, Wajib Tahu! 2022

Cara ini tidak menghapus semua DM yang ada, tapi pesan tersebut hanya dipindahkan secara sementara dalam kategori umum. Hal ini berarti bahwa kamu masih bisa melihat semua chatmu dengan teman-temanmu.

2. Mengarsipkan DM dari Notifikasi

Pada dasarnya ketika ada yang mengirim pesan baru akan muncul langsung di layar smartphone. Jika kamu terganggu dan tidak ingin notifikasi tersebut muncul maka ada sebuah cara menarik yang bisa dicoba.

Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya DM tidak muncul begitu saja sehingga privasi kamu tetap terjaga. Kamu bisa mengarsipkan atau menyembunyikannya dengan mudah melalui cara berikut ini:

  • Pertama buka terlebih dahulu aplikasi Instagram.
  • Lanjutkan dengan membuka fitur DM atau Direct Message.
  • Silahkan kamu tap beberapa obrolan atau chat yang disembunyikan dari notifikasi.
  • Tap obrolan tersebut sekaligus tahan selama beberapa detik hingga muncul sebuah menu.
  • Kemudian pilih opsi Senyapkan Pesan dan DM tersebut nantinya secara otomatis tak akan muncul di notifikasi.

Cara Mengarsipkan Pesan Instagram di Komputer Melalui Situs

cara melihat foto yang kita kirim di DM Instagram

Setiap perangkat yang digunakan untuk mengarsipkan pesan Instagram sudah pasti cara kerja yang berbeda. Meski begitu, cara ini sebenarnya tidak berbeda jauh dan sama-sama menggunakan fitur senyapkan DM. 

Cara ini tidak dilakukan secara langsung melalui aplikasi Instagram, tetapi melalui situs resmi Instagram. Berikut ini adalah cara mengarsipkan DM Instagram dengan mudah melalui PC atau komputer:

  • Buka terlebih dahulu browser yang ada di komputer atau PC kamu
  • Kemudian buka situs resmi Instagram dengan cara klik alamat berikut ini Instagram.com.
  • Setelah itu ketuk ikon Direct Message yang ada di pojok kanan paling atas.
  • Pilih beberapa pesan atau obrolan yang ingin kamu arsipkan di DM tersebut.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan mengetuk tanda i yang ada di kanan atas.
  • Berikan tanda centang pada menu Senyapkan Pesan.
Lihat juga >>  6+ Cara Mengetahui Kita di Mute di Instagram Tanpa dan Pakai Aplikasi

Jika sudah melakukan setting dengan cara ini di komputer, maka semua pesan yang kamu miliki tak akan muncul lagi di tampilan utama DM Instagram. Selain itu, jika ada pesan baru yang dikirimkan ke akunmu juga tidak akan ada pemberitahuannya.

Lalu Bagaimana Cara Mengembalikan Arsip Obrolan?

Setelah berhasil mengarsipkan beberapa obrolan atau chat yang dipilih, sebaiknya ketahui juga bagaimana cara mengembalikannya. Tujuannya supaya sewaktu-waktu kamu tidak bingung ketika ingin mengembalikan obrolan seperti semula sebelum di arsip

Untuk caranya sendiri juga sangat mudah, bahkan kamu tak butuh aplikasi tambahan sama sekali sehingga tak butuh proses yang panjang. Caranya adalah dengan mengalihkan jenis akun Instagram yang kamu miliki dari akun pribadi menjadi akun profesional atau bisnis. 

Namun jika tidak ingin mengubah jenis akun, kamu bisa coba pindahkan semua obrolan di Direct Message dari Umum ke Utama. Secara otomatis, DM yang sudah diarsipkan atau yang disembunyikan akan kembali seperti sedia kala.

Cara mengarsipkan DM Instagram di atas merupakan cara terbaik dan paling mudah yang bisa kamu coba. Meskipun bukan merupakan cara resmi, kamu tetap mendapatkan hasil sesuai keinginan dengan mengikuti cara ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan berbagai macam service yang bisa kamu beli untuk mengembangkan akun instagram kamu dengan cepat. Kamu bisa membeli followersmembeli likes maupun membeli viewers untuk konten-konten instagram kamu.


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *