Satu hal yang penting untuk diketahui bagi pengguna Instagram, utamanya untuk pebisnis dan influencer yaitu cara menampilkan reels di kisi profil. Meski isinya berupa video pendek, namun memiliki pengaruh cukup besar untuk meningkatkan minat khalayak luas.

Fitur Reels sendiri baru dihadirkan di Indonesia pada 2021 lalu dengan konsep layaknya tampilan video di TikTok. Pengguna dibebaskan memposting mengenai banyak hal baik berupa promosi bisnis, edukasi, ataupun hiburan asalkan tidak berbau sara atau memancing kerusuhan.

Cara Menampilkan Reels di Kisi Profil Instagram

Gambar Cara Menampilkan Reels di Kisi Profil

Fitur Reels yang dicetuskan oleh Instagram ditujukan untuk membebaskan para penggunanya mengekspresikan diri. Supaya hasil karya bisa diketahui oleh khalayak luas, Anda perlu memotongnya. Selanjutnya pada profil aka muncul kisi yang memudahkan pengunjung akun menonton postingan di reels. Lantas bagaimana cara pengaplikasiannya, simak ulasannya di bawah ini:

  • Jika aplikasi Instagram Anda versi lama, silahkan lakukan upgrade.
  • Tunggu hingga unduhan selesai, kemudian operasikan aplikasi Instagram terbaru.
  • Tap pada menu reels yang ditandai dengan ikon segitiga di dalam kotak.
  • Letak menunya ada di layar bagian bawah.
  • Di halaman fitur reels, tap pada opsi take a video.
  • Sesuaikan layout, lagu, dan durasi video yang Anda inginkan.
  • Mulai ambil objek video dengan menekan tombol reels.
  • Jika ingin melihat hasilnya, tekan tombol preview.
  • Periksa apakah video yang Anda ambil sudah sesuai dengan keinginan atau belum.
  • Apabila sudah sesuai, tap tombol next.
  • Nantinya Anda akan diantarkan ke halaman share.
  • Tambahkan caption menarik untuk mendeskripsikan video.
  • Tambahkan lokasi dan tag teman jika diperlukan.
  • Pilih menu share dan tunggu sistem berhasil melakukan upload.
Lihat juga >>  15 Istilah dan Singkatan dalam Instagram

Penyebab Reels Instagram Tiba-tiba Hilang

Cara Menampilkan Reels di Kisi Profil

Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami tiba-tiba reels Instagram hilang begitu saja. Sebenarnya tidak perlu panik, cukup cari terlebih dahulu kira-kira apa penyebabnya. Apa saja itu? Jawabannya bisa diketahui pada penjelasan di bawah ini:

  • Server Instagram sedang mengalami gangguan sehingga menyebabkan fitur-fitur di dalamnya tidak dapat berfungsi secara optimal seperti biasanya.
  • Versi OS perangkat di bawah standar yang menyebabkan ketika fitur reels diakses, sistem tidak mampu menjalankan programnya atau nge lag.
  • Koneksi jaringan sedang tidak stabil utamanya ketika sedang mati lampu atau hujan lebat.
  • Aplikasi Instagram merupakan versi lama yang butuh di upgrade di toko aplikasi masing-masing OS.

Cara Mengatasi Reels Instagram Tidak Muncul

Sebelumnya sudah dibahas terkait dengan penyebab reels Instagram tidak muncul. Supaya tidak menimbulkan kekhawatiran apalagi untuk para pebisnis dan influencer, pastikan mengetahui berbagai teknik untuk menanganinya. Berikut penjelasannya:

1. Update OS Smartphone

Secara berkala umumnya sistem smartphone Anda memunculkan notifikasi pembaharuan. Supaya performa perangkat tetap stabil, sebaiknya sesegera mungkin setujui proses upgrade tersebut.

Perlu diketahui proses upgrade sendiri tidak memerlukan waktu lama, setidaknya hanya berlangsung paling lama sekitar 5 menit tergantung pada masing-masing perangkat. Namun meskipun begitu pengaruh terhadap sistem operasi akan cukup terasa.

2. Pastikan Aplikasi Instagram Sudah Versi Terbaru

Bukan hanya versi OS yang perlu diperbaharui, Anda juga perlu menginstal aplikasi Instagram terbaru jika ingin mengakses fitur reels. Sebab, fitur ini kemunculannya terbilang masih baru yakni pada 2021 lalu.

Jadi bagi Anda yang melakukan unduhan aplikasi Instagram di tahun 2020 ke belakang dan belum melakukan upgrade sama sekali ke versi terbaru, sebaiknya segera lakukan pembaharuan.

Lihat juga >>  Efek IG Terbaru 2021 yang Sedang Hits

3. Gunakan Koneksi Internet Kuat

Sebagai aplikasi dengan kapasitas cukup berat, saat mengoperasikan Instagram, Anda membutuhkan koneksi internet kuat. Bukan hanya untuk melihat postingan orang lain saja, melainkan juga mengakses fitur reels.

Jika Anda mengalami masalah ketika mengakses fitur reels, cobalah untuk memeriksa koneksi internet yang terhubung baik WiFi atau jaringan seluler apakah sedang mengalami gangguan atau tidak.

4.  Login Ulang Instagram

Cara ini dapat menjadi pilihan setelah mencoba cara-cara sebelumnya namun ternyata fitur reels masih belum muncul. Catatan penting yang perlu diketahui yakni pastikan masih hafal username dan password.

Apabila tidak mengetahui keduanya, maka sebaiknya jangan menjalankan tindakan ini karena resikonya Anda tidak lagi dapat mengakses akun tersebut.

5. Hapus Cache dan Data Instagram

Meski kemunculan cache tidak begitu nampak, akan tetapi pengaruhnya bisa sangat besar untuk performa perangkat maupun aplikasinya itu sendiri. Solusi paling tepat adalah menghapusnya.

Cara untuk menghapusnya yaitu kunjungi menu pengaturan yang terdapat di dalam ponsel. Akses opsi aplikasi, setelah system menunjukkan halaman baru lanjutkan dengan memilih aplikasi Instagram. Tap pilihan bersihkan cache, di situ biasanya akan muncul info besaran cache yang tersimpan.

Sebelumnya sudah dijelaskan perihal cara menampilkan reels di kisi profil yang bisa dipraktikkan. Apabila tidak bisa muncul, periksa masalahnya terlebih dahulu kemudian lakukan cara penanganannya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *