Cara buat filter instagram kamu sendiri tidak sesulit kelihatannya. Apalagi jika nantinya filter kita bisa digunakan oleh banyak pengguna Instagram lainnya. Filter Instagram pertama kali muncul pada tahun 2017. Awalnya, hanya tim Instagram yang bisa membuat filter tersebut. Namun, kini siapa pun dapat mengunggah filter tersebut.

Apa Itu Filter Instagram?

Filter Minimalis Nadianraulya

Tentunya cara membuat filter instagram harus diperhatikan melalui aplikasi yang tepat. Filter Instagram ini juga dikenal sebagai filter Instagram AR (augmented reality). Filter Instagram pertama kali muncul pada tahun 2017.

Awalnya, hanya tim kreatif Instagram yang bisa membuat filter tersebut. Namun, kini siapa pun dapat mengunggah filter yang dibuat sendiri ke Facebook atau Instagram. Tak heran jika kini banyak sekali filter Instagram dengan beragam kreativitas yang bisa digunakan setiap pengguna.

Perhatikan juga bahwa Instagram tidak membayar akun untuk membuat filter baru. Setiap kali seseorang menggunakan filter Instagram khusus, nama akun pembuatnya muncul di bagian atas.

Jika filter menjadi viral, pembuatnya bisa mendapatkan pengikut baru. Bahkan, beberapa kreator juga bisa mendapatkan keuntungan dengan membuat filter Instagram sendiri, lho!

Apakah Membuat Instagram Stories Bisa Menghasilkan Uang

Pengguna aktif bulanan di platform Instagram telah mencapai lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan bagi beberapa kreator yang ada.

Lihat juga >>  3 Cara Melihat Orang yang Melihat Sorotan Instagram Kita dengan Mudah 2023

Selain menjadi selebgram, dengan membuat filter dan efek di Instagram, seseorang akan selalu bisa menghasilkan uang dengan membuka layanan tersebut.

Bahkan ada orang di Indonesia yang menjadi kreator sukses dengan membuat filter Instagram yang bukan hanya mendatangkan pengikut namun juga membuka jasa membuat filter Instagram yang tentunya mendatangkan keuntungan.

Kenapa Filter dan Efek Instagram Stories Banyak Peminatnya

filter bayi di Instagram

Dalam branding, kamu pasti akan melihat berbagai macam cara dan upaya untuk membuat sebuah brand dikenal banyak orang. Jangan lewatkan menggunakan Story Instagram.

Banyak perusahaan besar dan personal brand yang ikut menggunakan filter dan efek untuk mempercantik produk dan kepribadian mereka melalui Insta Stories.

Dengan memberikan interface yang menarik, akan lebih cepat bagi suatu produk atau seseorang untuk mempromosikan namanya karena pengguna Instagram saat ini hampir sepertiga dari populasi dunia, yang tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna.

Tidak mengherankan jika banyak orang yang masih tertarik untuk membuat layanan filter Instagram, dan konsumen dari layanan ini juga meraup lebih banyak keuntungan seiring dengan semakin dikenalnya produk atau banyak orang.

Langkah-langkah Melakukan Cara Membuat Filter Instagram

1. Unduh Aplikasi Spark AR Studio

Spark AR Studio
Spark AR Studio
Developer: Meta
Price: Free

Salah satu pembuat filter Instagram seluler yang dapat kamu gunakan adalah Spark AR Studio. Pertama, unduh Spark AR Studio resmi di komputer atau laptop kamu. Aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Mac OS dan Windows 10.

2. Masuk Menggunakan Akun Facebook

Setelah mengunduh Spark AR Studio di laptop kamu, pastikan untuk mengunduhnya baik di ponsel cerdas kamu. Kemudian login dengan akun Facebook yang aktif. Kemudian sambungkan aplikasi di laptop atau komputer dengan USB ke ponsel.

Lihat juga >>  3 Cara Mengaktifkan Mode Gelap Instagram Dengan mudah!!

3. Lihat Contoh Filter Instagram yang Sudah Ada

Jika sudah berhasil masuk, Kamu bisa melihat hasil dari filter Instagram yang dibuat oleh orang lain. Berdasarkan filter sampel, kamu dapat mulai membuat filter IG di ponsel Kamu. Pilih filter sampel yang paling mirip dengan filter yang akan Kamu buat.

4. Buat Koordinat Wajah yang Tepat

Tutorial Spark AR Studio

Jika kamu ingin membuat dari awal, klik Buat Baru untuk membuat filter baru. Hal terpenting saat membuat filter Instagram adalah mendeteksi bentuk wajah untuk filter yang akan dibuat.

Tentukan koordinat wajah dengan mengklik Add – Scene Understanding – Face Tracker. Kemudian klik Add – 3D Objects – Face Mesh, akan muncul program untuk memilih wajah dengan bingkai topeng kotak-kotak.

5. Sunting Filter

Cara membuat filter Instagram selanjutnya adalah dengan mengedit filter dengan mengklik item Scene. Kamu bisa mengatur koordinat wajah dan pengaturan warna pada filter Instagram pada langkah ini. Kamu kemudian dapat melihat hasil pratinjau dengan mengklik Pratinjau.

6. Melihat Hasil Filter di Video

Setelah selesai mengedit filter, kamu dapat mencobanya di video kamu sendiri. Klik webcam komputer kamu untuk mencoba filter Instagram ini.

7. Ekspor Filter

Setelah kamu menyimpan file, kamu dapat mengekspornya ke Instagram dengan mengklik File lalu Ekspor. Agar bisa digunakan di semua jenis ponsel, klik Ekspor, lalu pilih jenis file “.arexport”.

8. Unggah Filter Ke Instagram

Langkah selanjutnya adalah mengunggah ke Instagram dengan mengklik Unggah Efek. Sebelum itu, pastikan kamu masuk ke Instagram di laptop atau komputer yang Kamu gunakan untuk membuat filter.

9. Lakukan Pratinjau

Klik Pratinjau di aplikasi untuk memeriksa filter Instagram di aplikasi. Kemudian klik Dapatkan tautan pratinjau untuk membagikannya.

Lihat juga >>  Penyebab dan Cara Mengatasi Kamera di Instagram Ngezoom

10. Buat Demo Video

Setelah Kamu menyelesaikan filter Instagram kamu sendiri, buat video demo untuk memberi tahu lebih banyak orang tentang filter kamu.

Inilah cara buat filter instagram kamu sendiri. Mudah bukan? Kamu bisa berkreasi membuat filter aesthetic untuk Instagram dan filter keren lainnya dengan membuat filter ig hp seperti di atas.

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan berbagai macam service yang bisa kamu beli untuk mengembangkan akun instagram kamu dengan cepat. Kamu bisa membeli followersmembeli likes maupun membeli viewers untuk konten-konten instagram kamu.


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *