Bagi Anda yang sudah lama menggunakan Instagram, tentu tidak asing lagi dengan berbagai istilah dan singkatan yang ada di dalamnya. Tapi bagi orang yang baru menggunakannya, tentu bisa kebingungan saat membaca istilah-istilah tersebut.

Jika masih asing dengan istilah dan singkatan dalam Instagram, tidak perlu risau. Sebab, pada postingan kali ini secara khusus akan membahas tentang singkatan dan istilah-istilah tersebut. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, tentu Anda tidak akan bingung lagi ketika mendapati singkatan dan istilah tersebut di dalam Instagram.

Inilah 15 Istilah dan Singkatan dalam Instagram

Istilah dan Singkatan dalam Instagram

1. Follow dan Follower

Salah satu istilah yang seringkali didapatkan dalam Instagram adalah follow dan follower. Fungsi dari fitur follow memungkinkan Anda mengikuti akun orang lain dan mendapatkan informasi postingan terbaru mereka. Sementara follower adalah istilah bagi orang yang mengikuti akun Instagram Anda.

2. Like

Istilah yang satu ini juga akan sering Anda jumpai saat bermain Instagram. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan adanya pengguna lain yang menyukai sebuah postingan tertentu, baik postingan orang lain maupun postingan Anda sendiri.

3. Comment

Istilah yang satu ini tentunya juga tidak asing bagi pengguna Instagram, karena ditujukan untuk memberikan komentar atau tanggapan terkait konten atau postingan tertentu.  Dengan adanya fitur ini, setiap pengguna bisa memberikan apresiasi atau masukan kepada pemilik postingan terkait postingannya.

Lihat juga >>  12 Nama-nama Efek IG Terbaru yang Harus Anda Coba

4. SG

Istilah dan singkatan yang satu ini juga sering didapatkan ketika seseorang bermain Instagram. Singkatan ini merujuk kepada SG (Snapgram) atau Instagram story, yang digunakan untuk membagikan postingan singkat. Pengguna lainnya hanya bisa melihat Instagram story dalam waktu 24 jam saja. Setelah itu, postingan tersebut akan terhapus otomatis.

5. Activity Feed

Istilah Activity Feed tidak lain adalah fitur yang memungkinan pengguna lainnya mengikuti akun Instagram, menyukai dan memberikan komentar pada postingan tersebut. Sistem kerjanya mirip dengan notifikasi.

6. Hashtag

Jika Anda melihat ada kata-kata singkat yang ditandai pagar di bagian bawah sebuah postingan, maka tanda tersebut disebutkan dengan hashtag. Fungsi utamanya adalah untuk mengkategorikan postingan atau cerita di Instagram. Ketika diklik, Anda akan bisa melihat semua postingan maupun cerita yang memakai hashtag sama.

7 Caption

Istilah yang satu ini adalah fitur untuk menuliskan deskripsi singkat pada postingan yang ingin diupload. Dengan adanya fitur ini, para pengguna bisa mengetahui isi pesan yang disampaikan dalam sebuah postingan.

8. Feed

Istilah feed atau umpan berfungsi untuk memancing pengguna Instagram lainnya ketika melihat profil Instagram Anda. Oleh karena itu, upayakan feed dibuat semenarik mungkin dengan menggunakan warna yang konsisten misalnya, atau juga menggunakan grid foto dan sebagainya.

9. Location

Location merupakan istilah untuk tambahan informasi yang Anda bagikan terkait lokasi Anda. Seringkali juga digunakan pada postingan yang dikirimkan pengguna agar orang yang melihat postingan tersebut bisa mengetahui lokasi Anda.

10. Geotag

Istilah ini digunakan untuk melakukan tag lokasi postingan Anda. Lokasi yang di-tag menggunakan fitur ini tentu lebih akurat karena GPS harus dihidupkan terlebih dulu. Berbeda dengan fitur location yang tidak mengharuskan untuk menghidupkan GPS terlebih dahulu jika ingin menandai lokasinya.

Lihat juga >>  Cara Membuat Link di Bio Instagram

11. News Feed

Istilah ini digunakan untuk memunculkan setiap berita atau postingan dari akun-akun yang telah Anda follow sebelumnya. Jika dalam media sosial lainnya, istilah yang paling sering digunakan adalah Home.

12. Saved

Penjelasan Istilah dan Singkatan dalam Instagram

istilah dan singkatan dalam Instagram yang juga sering dilihat adalah Saved. Istilah ini digunakan untuk fitur yang memungkinkan pengguna Instagram untuk menyimpan konten atau postingan yang telah dilihatnya. Nantinya Anda bisa melihat kembali postingan tersebut dengan mengaksesnya pada menu saved di halaman profil.

13. Ghost Follower

Mungkin istilah ini masih asing bagi sebagian dari Anda. Istilah ini memang baru muncul akhir-akhir ini yang digunakan pada pengikut Instagram Anda yang hanya melihat atau mencari berita saja, tidak pernah berkomentar sama sekali.

14. LFL

Istilah lain yang juga sering muncul akhir-akhir ini di hastag, yaitu LFL (Like for Like). Jika Anda ingin mendapatkan banyak like di postingan, gunakanlah istilah ini di caption Anda. Tentu para pengguna lain dengan senang hati akan memberikan like ke postingan Anda. Tapi, Anda harus like balasan ke akun pemberi like tadi.

15. FFF

Istilah dan singkatan dalam Instagram yang juga baru muncul akhir-akhir ini adalah FFF (Follow for Follow). Melalui hastag ini, Anda mengisyaratkan kepada pengguna lain untuk saling bertukar follow. Artinya, pengguna lain harus melakukan follow terhadap akun Anda terlebih dahulu sebelum Anda balik melakukan follow terhadap akunnya.

Itulah 15 istilah dan singkatan dalam Instagram yang penting untuk diketahui. Jika Anda bermain Instagram, tentunya singkatan dan istilah di atas pasti akan Anda dapatkan. Biar tidak bingung, sebaiknya Anda menghafal semua istilah dan singkatan tersebut.

Lihat juga >>  Cara Membuat Link WA di Bio Instagram

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *