Skip to content

8 Langkah Cara Mengubah Bahasa di Messenger jadi Bahasa Indonesia!!

Cara Mengubah Bahasa di Messenger Facebook

Aplikasi Facebook dan Messenger biasanya menggunakan bahasa default dari ponsel yakni bahasa Inggris, hal ini membuat banyak orang kesulitan untuk mengoperasikannya. Apakah kamu termasuk? Jika iya, kamu bisa ikuti cara mengubah bahasa di Messenger ini.

Pasalnya untuk mengubah bahasa ini tidak terlalu sulit. Perlu kamu ketahui juga bahwa tidak semua pengguna Messenger dan Facebook menggunakan bahasa Inggris lho. Mereka justru lebih senang menggunakan bahasa resmi negaranya untuk mempermudah mengakses fiturnya.

Cara Mengubah Bahasa di Messenger Facebook dengan Mudah 

Cara Mengubah Bahasa di Messenger Facebook

Soal cara mengubah bahasa ini sangat fleksibel. Kamu bisa melakukannya melalui ponsel android, iOS hingga komputer sekalipun. Selain itu kamu tidak harus mengakses aplikasi Messenger tetapi juga bisa mengubahnya melalui akun Facebook.

Sekali mengubah pengaturan di akun Facebook milikmu, maka di aplikasi Messenger juga otomatis akan mengikuti perubahannya. Simak masing-masing caranya berikut ini.

Mengubah Bahasa dari Aplikasi Messenger di Ponsel

Mengubah Bahasa dari Aplikasi Messenger di Ponsel

Cara yang pertama ini bisa dilakukan langsung melalui ponsel android kamu. Pastikan saja aplikasi sudah update dan bisa langsung mengaksesnya. Berikut langkah-langkah secara lengkap.

  1. Masuk ke aplikasi Messenger jangan lupa pastikan kamu sudah login ke akun Facebook.
  2. Setelah itu klik di bagian foto profil dan pilih menu Settings dengan ikon gear.
  3. Pada menu selanjutnya yang muncul kamu bisa pilih menu Preferences.
  4. Maka akan muncul menu lagi, kamu bisa mencari menu Language yang artinya Bahasa.
  5. Maka akan muncul halaman baru, di sinilah kamu bisa memilih jenis bahasa dengan klik panah ke bawah di kolom System Language.
  6. Kamu akan melihat daftar bahasa dan cari saja Bahasa Indonesia dan klik.
  7. Maka bahasa sudah berganti, supaya langsung aktif kamu bisa keluar dan masuk kembali ke aplikasi.

Tidak hanya bahasa Indonesia, kamu juga bisa memilih bahasa lainnya sesuai dengan preferensi.

Mengubah Bahasa dari Aplikasi Facebook di Ponsel

Selain dari aplikasi Messenger kamu juga bisa mengatur ulang bahasa di aplikasi Facebook. Karena kedua aplikasi ini saling terintegrasi dan justru lebih praktis karena kamu bisa menggunakan Facebook dengan bahasa Indonesia. Berikut ini langkah mudahnya untuk mengatur ulang bahasa.

  1. Masuk ke aplikasi Facebook, jangan lupa login ke akun sendiri yang sama dengan Messenger.
  2. Setelah itu di halaman Beranda kamu bisa klik menu berupa ikon tiga garis di bagian pojok kanan atas.
  3. Pada menu yang muncul selanjutnya pilihlah Settings & Privacy.
  4. Maka di halaman selanjutnya yang baru bisa pilih Language.
  5. Kamu akan melihat beberapa pilihan bahasa, biasanya English ada di atas. Gulir ke bawah untuk menemukan bahasa Indonesia atau bahasa yang kamu inginkan.

Sampai di sini setelah kamu memilih jenis bahasanya maka pengaturan ulang bahasa sudah selesai. Kamu bisa juga untuk langsung keluar dan masuk ke aplikasi Facebook untuk mengecek perubahannya. Cek juga di aplikasi Messengernya.

Mengubah Bahasa dari Situs Facebook di Komputer

Cara ini mengandalkan web browser dan akan lebih nyaman dilakukan di komputer karena layar yang lebih luas. Berikut ini langkah yang bisa diikuti.

  1. Pertama kamu bisa masuk terlebih dahulu ke https://www.facebook.com/.
  2. Setelah itu masukkan id akun, bisa juga nomor hp atau email.
  3. Setelah masuk ke dalam Beranda akun kamu bisa klik Menu yang ada di pojok kanan atas. Bentuknya adalah berupa ikon tanda panah ke bawah.
  4. Kemudian kamu bisa klik Settings yang memiliki ikon gear.
  5. Masuk juga di menu selanjutnya yaitu Settings & Privacy.
  6. Setelah itu di menu selanjutnya tinggal pilih saja Language.
  7. Sekali lagi kamu akan melihat beberapa pilihan menu bahasa yang bisa di scroll untuk pencariannya.
  8. Tinggal cari bahasa yang ingin kamu gunakan, seperti Bahasa Indonesia.
  9. Cukup sekali klik jenis bahasa saja maka seluruh bahasa yang tadinya bahasa Inggris atau yang lainnya akan berubah menjadi bahasa yang kamu pilih.

Kesimpulan

Bagaimana mudah bukan untuk mengubah bahasa di aplikasi Messenger? Karena Facebook sudah mengatur agar aplikasinya mudah untuk digunakan semua penggunanya.

Cara mengubah bahasa di Messenger tidak ada bedanya dengan cara mengubah bahasa di Facebook. Sekali kamu mengubah di Messenger atau Facebook maka kedua aplikasi akan menggunakan bahasa yang baru.

Sebenarnya masih ada satu cara lagi yaitu menggunakan pengaturan dari ponsel. Mengingat default pada ponsel menjadi acuan dari jenis bahasa yang digunakan di dalam aplikasi. Hanya saja kamu akan mengubah keseluruhan aplikasi jika mengatur bahasa dari ponsel.

Karena mungkin saja ada beberapa aplikasi yang kurang cocok menggunakan bahasa Indonesia. Oleh karena itu akan lebih cocok jika kamu mengatur perubahan bahasa langsung dari aplikasinya saja. Sehingga perubahan hanya terjadi dalam satu aplikasi tersebut tanpa mengganggu yang lain.

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan jasa tambah followers instagramyoutubetiktok dan masih banyak lagi untuk mempermudah kamu mengembangkan akun sosial media kamu dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *