Platform sosial media memang semakin ramai. Kehadiran berbagai macam aplikasi dan fitur-fitur unik dan keren di dalamnya membuat banyak orang mengoleksi semua jenis aplikasi sosial media. Salah satu platform yang sangat ramai akhir-akhir ini adalah Tiktok. Meskipun demikian, tak sedikit orang yang paham betul cara upload video ke Tiktok.

Tidak bisa dipungkiri jika Tiktok memang sangat mendominasi dunia sosial media hari ini. Nyaris semua orang telah memiliki akun Tiktok. Tak sampai di situ saja, para artis ternama dan internasional hingga para pejabat pun berlomba-lomba membuat akun Tiktok pribadi mereka. Maka tak heran jika pengguna Tiktok terus bertumbuh pesat mengalahkan dominasi platform sosial media lainnya.

Jika Anda masih bingung dengan cara upload video ke Tiktok, beberapa informasi berikut mungkin bisa membantu.

Langkah-Langkah Mengunggah Video Ke Tiktok

Gambar Cara Upload Video Ke Tiktok

Membuat Akun

Sebelum mengunggah video Tiktok, pastikan Anda telah membuat akun Tiktok terlebih dahulu. Adapun cara membuat akun ini cukup mudah. Pertama, silahkan sign up dan isi data-data yang diminta. Beberapa yang diminta seperti nama, email serta password. Selanjutnya, lengkapilah profil akun Tiktok Anda agar semakin menarik dan dikenali para pengguna Tiktok lainnya.

Rekam Video

Langkah selanjutnya adalah dengan merekam video Tiktok. Ini merupakan langkah atau cara upload video ke Tiktok yang paling krusial. Jika tidak merekam video lebih dulu, maka Anda pun tidak bisa mengunggah video apapun. Caranya pun sangat mudah. Anda tinggal menekan tanda plus atau tambah yang terdapat di panel paling bawah aplikasi Tiktok. Setelah itu, aplikasi akan mengarahkan Anda pada tampilan yang menyerupai kamera.

Lihat juga >>  Cara Menghapus Akun Tiktok Lupa Kata Sandi

Video di Tiktok bisa Anda rekam secara lambat ataupun cepat. Ukuran kecepatan yang disediakan oleh Tiktok berkisar antara 0,3 kali hingga 3 kali. Untuk menambahkan lagu, Anda tingga mengklik menu Sounds yang disertai dengan tampilan logo musik. Setelah itu, pilihlah yang ingin Anda gunakan di dalam video. Fitur video pada Tiktok juga menyediakan timer 3 detik atau 10 detik.

Fitur video ini juga dilengkapi oleh berbagai macam filter unik dan menarik. Silahkan menggunakannya lalu sisipkan ke dalam video yang telah Anda rekam. Tak hanya fitur filter, Anda juga akan menemukan fitur stiker yang sangat beragam. Setelah video direkam, Anda bisa langsung menguploadnya atau menyimpannya pada draft lebih dulu.

Draft

Kehadiran fitur draft sangat membantu para pengguna Tiktok untuk menyimpan video mereka sehingga mereka bisa mengedit dan mengunggah video tersebut kapan saja. Jadi, saat Anda lupa menambahkan filter ataupun teks, Anda bisa masuk kembali ke draft video yang tersimpan. Selanjutnya, silahkan mengeditnya kembali lalu tambahkan berbagai fitur yang diinginkan. Baik itu, lagu, efek video, efek suara hingga warna.

Post

Jangan lupa, sebelum mengupload video Tiktok, berikanlah tagar di setiap video Anda. Sebagai contoh, Anda bisa melihat tagar yang sedang trending saat itu seperti #Foryourpage atau #FYP. Hal ini akan memudahkan video Anda untuk trending di beranda pengguna Tiktok lainnya. Dengan begitu, video yang Anda post bisa menjadi viral dan dilihat oleh banyak orang.

Agar bisa trending, pastikan untuk mengatur video dengan pengaturan tampilan yang bisa dilihat oleh publik, teman dan untuk diri sendiri. Jika Anda ingin membagikan video yang Anda post ke platform sosial media lainnya seperti WhatsApp, Instagram, Facebook dan lain-lainnya, silahkan mengklik tanda media sosial yang tersedia. Setelah itu video tersebut pun akan dibagikan langsung pada platform aplikasi yang telah Anda pilih sebelumnya.

Lihat juga >>  Apa itu TikTok Shop Seller? Ini Penjelasan Lengkapnya

Cara Mendownload Video Tiktok

tiktok

Tak hanya cara upload video ke Tiktok saja yang sangat mudah, cara mendownload video Tiktok pun sangat mudah dan praktis. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Buka Aplikasi TikTok

Pertama-tama bukalah aplikasi Tiktok yang Anda punya. Pastikan telah memiliki akun dan telah melakukan registrasi sebelumnya.

Memilih Video Tiktok

Setelah itu, carilah video yang Anda suka. Anda bisa mencari video yang ingin Anda download pada profil Anda di bagian menu favorit. Pastikan untuk menambahkan video yang Anda temukan pada menu favorit Anda atau menandainya dengan tanda love. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menemukannya saat ingin mendownloadnya.

Menekan Video

Jika Anda ingin mendownload video yang Anda temukan secara langsung, Anda tinggal menekan video tersebut selama kurang lebih 3 detik. Setelah itu akan muncul tampilan menu pilihan lainnya.

Pilih Save Video

Karena Anda ingin menyimpan video, maka pilihlah fitur Save Video. Tunggulah beberapa saat hingga proses download video Tiktok selesai. Pastikan untuk menggunakan jaringan internet yang baik dan cepat. Dengan begitu, proses download video yang Anda lakukan akan berjalan lancar.

Saat video telah tersimpan otomatis di gallery Anda, maka video Tiktok akan menampilkan watermark berupa logo Tiktok dan username dari pemilik video tersebut. Kehadiran watermark ini untuk memberikan perlindungan hak cipta bagi setiap konten kreator di Tiktok.

Bagaimana, cara upload video ke Tiktok mudah dan praktis, bukan? Yuk, mulai tunjukan karya Anda lewat platform Tiktok sekarang juga!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *