Skip to content

Menyimak 4 Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik!!

Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Media cetak dan elektronik adalah dua jenis media yang kerap dijadikan platform promosi seseorang yang memiliki bisnis untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak. Namun, tahukah kamu apa perbedaan iklan media cetak dan iklan media elektronik tersebut?

Seperti yang diketahui, memilih media yang tepat untuk membuat iklan dan promosi adalah hal yang penting. Pasalnya, dengan membuat iklan di media yang tepat, promosi yang dilakukan pun nantinya akan semakin efektif dan peluang untuk mendapatkan konsumen baru pun akan semakin terbuka.

Berbincang tentang media iklan tersebut, pada kesempatan ini akan dibahas tentang pengertian dari iklan dengan media cetak dan elektronik, perbedaan serta contoh iklan yang bisa diterapkan. Penasaran? Simak ulasannya!

Pengertian Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Sebelum membahas tentang perbedaan antara iklan yang dibuat menggunakan media cetak dan media elektronik, tentu kamu perlu memahami pengertian dari masing-masing iklan tersebut. Pemahaman tentang pengertian masing-masing iklan menjadi hal yang penting agar nantinya kamu bisa menemukan mana perbedaan mendasar yang ada diantara keduanya.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

1. Pengertian iklan media cetak

Dalam pengertian singkat, iklan media cetak atau printed advertising adalah sebuah iklan yang digunakan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa dengan menggunakan beragam media cetak yang tersedia baik koran, majalah, papan iklan dan media fisik lainnya. Dengan keterangan yang ada pada iklan tersebut diharapkan calon pelanggan akan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Tentu, tujuan utama dari bentuk iklan ini adalah mempengaruhi target agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Namun, di samping itu, iklan media cetak juga bisa dimanfaatkan untuk membangun brand awareness dari merek bisnis yang dikelola.

Perlu diketahui bahwa iklan media cetak adalah salah satu jenis iklan yang paling tua. Akan tetapi, banyak kalangan mengatakan bahwa jenis iklan yang satu ini masih relevan digunakan hingga saat ini.

2. Pengertian iklan media elektronik

Seperti namanya, iklan media elektronik bisa diartikan sebagai sebuah promosi atau iklan yang dibuat dengan menggunakan media atau peralatan elektronik. Beberapa media elektronik yang secara umum digunakan untuk membuat iklan adalah radio, televisi, telepon dan juga internet.

Sama dengan fungsi iklan pada umumnya, iklan media elektronik ini berfungsi untuk menarik minat serta perhatian dari target konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Seiring perkembangan teknologi saat ini, bisa dikatakan bahwa iklan media elektronik cenderung lebih populer dan banyak dijadikan opsi oleh para pebisnis. Hal ini dikarenakan selain efektif, ada kesan modern yang didapatkan dari iklan yang dibuat tersebut.

Dari beberapa detail di atas, kamu sudah mengetahui gambaran pengertian dari masing-masing jenis iklan yang dibuat dengan media yang berbeda. Tentu, pengertian tersebut bisa menjadi dasar untuk menyimak perbedaan iklan media cetak dan iklan media elektronik.

Ragam Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Seperti yang diketahui, iklan media cetak dan media elektronik adalah dua jenis iklan yang paling banyak digunakan saat ini dan cenderung cukup efektif untuk menarik target konsumen. Namun, kedua jenis iklan ini memiliki beberapa perbedaan yang harus diketahui.

Beberapa perbedaan tersebut diantaranya adalah:

1. Media yang digunakan

Perbedaan yang paling mencolok antara iklan media cetak dan iklan media elektronik adalah media yang digunakan. Iklan media cetak dibuat dengan menggunakan media fisik. Hal inilah yang menjadikan jenis iklan ini juga disebut dengan istilah printed advertising.

Di sisi lain iklan media elektronik dibuat dengan menggunakan bantuan media elektronik untuk menyiarkan. Tentu saja, jenis iklan ini tidak dicetak melainkan ditampilkan melalui layar ataupun melalui suara dengan bantuan speaker.

2. Bentuk iklan yang dibuat

Bentuk iklan yang dibuat juga merupakan perbedaan mendasar antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Terkait hal ini, iklan media cetak umumnya dibuat dengan berbentuk tulisan atau gambar saja. Detail iklan ini bisa dibuat dengan bantuan printer ataupun dibuat dengan menggunakan tulisan tangan.

Sementara itu, bentuk iklan media elektronik cenderung lebih kaya. Iklan yang ditayangkan dengan media elektronik bisa dibuat dengan menggunakan detail tulisan, gambar, video ataupun suara. Oleh karenanya, iklan media elektronik tidak hanya bisa ditangkap indera penglihatan saja, melainkan juga indera pendengaran.

3. Narasi yang diberikan

Hal lain yang menjadi perbedaan iklan media cetak dan iklan media elektronikadalah narasi yang diberikan dari iklan tersebut. Dalam hal ini, umumnya iklan media cetak memiliki narasi yang cenderung lebih terbatas karena space iklan yang dimiliki cenderung kecil.

Nah, terkait narasi iklan, bisa dikatakan bahwa iklan media elektronik cenderung lebih kompleks dan lengkap. Kamu bisa membuat narasi iklan yang panjang dan detail karena biasanya biaya iklan pada iklan media elektronik ini tergantung durasi yang diinginkan.

4. Tingkat penyebaran

Tingkat penyebaran juga menjadi perbedaan lain terkait iklan media cetak dan iklan media elektronik. Iklan dengan media cetak umumnya memiliki tingkat penyebaran yang cenderung lokal dan terbatas hanya di wilayah tertentu saja. Hal ini dikarenakan jenis iklan ini tergantung dari penempatan media yang digunakan untuk membuat promosi tadi.

Di sisi lain iklan elektronik memiliki tingkat penyebaran yang lebih masif. Pasalnya, iklan elektronik memiliki jangkauan sejauh jangkauan dari media elektronik yang digunakan. Meskipun, iklan elektronik umumnya hanya bisa diketahui pada waktu itu saja sementara iklan media cetak bisa diketahui berulang kali.

Beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi perbedaan mendasar antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Sebagai tambahan, harga juga menjadi bagian dari perbedaan dua jenis iklan ini.

Jika dilihat dari harga, bisa dikatakan bahwa iklan media cetak cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan iklan media elektronik. Pasalnya, kamu bisa membuat iklan media cetak dengan biaya yang minim seperti membuat selebaran atau brosur. Sementara iklan media elektronik cenderung lebih mahal karena harus menyewa layanan iklan dari media tertentu.

Ragam Jenis Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Dari beberapa ulasan di atas, kamu sudah mengetahui perbedaan mendasar antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Nah, kedua iklan ini sebenarnya memiliki beberapa jenis iklan yang bisa dijadikan opsi terbaik untuk melakukan promosi.

Adapun beberapa jenis iklan yang dimaksud sesuai dengan media yang digunakan adalah:

1. Jenis iklan media cetak

Berbincang tentang iklan media cetak, ada beberapa jenis iklan yang bisa kamu pertimbangan untuk membuat promosi yang efektif. Beberapa diantaranya adalah:

  • Iklan baris, yaitu jenis iklan media cetak yang ditemukan di koran dalam bentuk baris kata-kata saja yang dituliskan dengan singkat tanpa adanya ilustrasi
  • Iklan kolom, yaitu iklan yang dibuat dalam bentuk kolom dan berisi teks iklan serta gambar sebagai ilustrasi. Iklan kolom umumnya juga ditemukan di media koran tetapi cenderung lebih menarik dibandingkan iklan baris
  • Iklan display, yaitu iklan yang cenderung mirip dengan iklan kolom. Hanya saja, iklan display memiliki ukuran yang lebih besar daripada iklan kolom
  • Iklan selebaran, yaitu jenis iklan media cetak yang dibuat dengan menggunakan selembar kertas dan memiliki beberapa halaman. Umumnya, iklan ini akan disebar atau diberikan kepada target konsumen secara langsung
  • Iklan brosur, yaitu iklan yang dibuat dengan menggunakan selembar kertas. Secara umum, iklan ini mirip dengan iklan selebaran. Namun, brosur tidak memiliki halaman dan selain disebarkan secara langsung, umumnya iklan ini juga ditempel di berbagai area

Beberapa poin di atas adalah ragam jenis iklan media cetak yang umumnya dibuat. Tentu, masih ada beberapa jenis iklan media cetak lainnya seperti banner, spanduk dan lainnya.

2. Jenis iklan media elektronik

Iklan media elektronik juga memiliki beberapa variasi atau jenis iklan yang berbeda. Beberapa jenis iklan media elektronik yang dimaksud diantaranya adalah:

  • Iklan televisi yaitu sebuah iklan media elektronik yang dibuat dengan memanfaatkan televisi sebagai media penyiaran. Iklan ini memiliki tampilan audio visual dengan detail yang menarik. Umumnya, iklan ini memiliki biaya yang cukup mahal
  • Iklan radio adalah jenis iklan media elektronik yang dibuat dengan memanfaatkan layanan saluran radio. Seperti diketahui, jenis iklan ini menggunakan audio sebagai cara penyampaian promosi

Selain kedua jenis iklan media elektronik di atas, opsi lain dari iklan yang menggunakan media elektronik adalah iklan internet. Jenis iklan ini umumnya ditemukan pada blog ataupun website.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai perbedaan iklan media cetak dan iklan media elektronik dan juga ragam jenis iklan yang bisa kamu pilih untuk melakukan promosi yang masif serta efektif. Bandingkan beberapa jenis iklan tersebut dan pilih mana iklan yang paling pas serta sesuai dengan budget yang disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *