Skip to content

2+ Cara Melihat Like di Youtube yang Bisa Dicoba – 100% AMPUHH!!

  • by
Cara Melihat Like di Youtube

Apakah kamu pemilik channel Youtube baru dan belum tahu cara melihat like di Youtube? Tenang, meski harus menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga, kamu tetap bisa mengintip siapa saja yang like dan dislike video kamu di Youtube.

Cara Melihat Like di Youtube

Cara Melihat Like di Youtube

Sebagian orang mungkin mengira bahwa daftar akun yang like dan dislike video Youtube bisa diketahui begitu saja oleh sang pemilik channel. Padahal kenyataannya tidak, lho. Jika kamu bermain Facebook dan Instagram, kamu bisa dengan gampang melihat siapa saja yang memberikan like untuk postingan kamu.

Tapi di Youtube, kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga dulu untuk bisa melakukannya. Salah satu aplikasi yang banyak direkomendasikan untuk hal ini adalah YouTube Studio Android. Sesuai namanya, aplikasi ini hanya bisa digunakan di smartphone Android dan hanya tersedia di Google Store.

[appbox googleplay screenshots com.google.android.apps.youtube.creator]

Sedangkan untuk langkah-langkah cara melihat like di Youtube dengan YouTube Studio adalah:

  • Kalau sudah di download dan install, sekarang langsung saja buka aplikasinya dan masuklah ke akun Youtube kamu lewat aplikasi YouTube Studio.
  • Setelah berada di beranda/home, pilih menu Dashboard dan pilih sub menu Analytics, lalu tab bagian Ringkasan dan scroll ke bawah untuk klik tulisan Selengkapnya.
  • Pada bagian ringkasan tadi, layar akan menampilkan grafik dari video yang sudah kamu upload di channel Youtube. Sekarang kamu bisa pilih Penayangan menurut Video, lalu pilih Metrik Lainnya.
  • Selanjutnya klik tulisan Interaksi, lalu kamu bisa pilih Sukai/Like, dan aplikasi akan menampilkan jumlah like untuk video kamu dalam rentang waktu tertentu lengkap dengan daftar akun dari orang-orang yang memberikan like tadi.

Adakah Cara Melihat Dislike di Youtube?

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah “ada” dan caranya nggak kalah gampang kok dengan cara melihat like di Youtube seperti di atas. Tapi seperti cara di atas, kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa pilih salah satu dari beberapa opsi di bawah ini:

  • Return Youtube Dislike

Meski pihak Youtube secara resmi sudah meniadakan fitur dislike, tapi sudah banyak lho developer yang mengembangkan aplikasi untuk membantu para content creator agar bisa melihat daftar dislike, seperti salah satunya extensions bernama Return Youtube Dislike.

Extensions ini gratis digunakan dan dijamin aman serta mudah seperti beberapa langkah berikut ini:

[appbox chromewebstore screenshots gebbhagfogifgggkldgodflihgfeippi]

  • Buka Google Chrome dari laptop atau PC dan masuklah ke menu Settings, kemudian pilih sub menu Extensions yang biasanya ada di bagian bawah (nomor dua dari bawah tepat di atas About Chrome).
  • Sekarang kamu bisa ketik Return Youtube Dislike di kolom pencarian extensions https://chrome.google.com/webstore/detail/return-youtube-dislike/gebbhagfogifgggkldgodflihgfeippi.
  • Selanjutnya klik tombol Add to Chrome/Tambahkan ke Chrome dan tunggu proses instalasi extensions selesai.
  • Sekarang buka https://www.youtube.com/ dan masuklah ke akun Youtube kamu. Dengan kondisi akun terbuka ini, aktifkan extensions tadi dan kamu bisa melihat jumlah serta daftar dislike di channel kamu.
  • Download Video

Kalau kamu kurang berkenan untuk mendownload aplikasi pihak ketiga seperti di atas, maka kamu bisa melihat dislike Youtube dengan terlebih dulu mendownload video. Langkah-langkahnya adalah:

  • Buka aplikasi Youtube dari HP dan cari video yang tombol download videonya bisa di klik (ada video yang bisa di download ada yang tidak).
  • Klik tombol Download video tadi lalu swipe HP kamu di bagian notifikasi proses download, dan hentikan proses download dengan klik opsi Pause.
  • Selanjutnya, matikan koneksi internet di HP kamu, lalu cobalah buka video yang dalam keadaan setengah di download tadi. Umumnya, setelah ini akan muncul jumlah like dan dislike.

Bisakah Melihat Daftar Video yang Pernah Diberi Like?

Suatu hari kamu teringat dengan salah satu atau lebih video yang menurut kamu menarik dan pernah kamu berikan like? Lalu kamu ingin menontonnya kembali? Gampang, kok.

Kamu bisa melakukannya dengan melihat daftar video Youtube yang pernah kamu like tanpa harus mengetik judul video di kolom pencarian. Dibanding cara melihat like di Youtube yang disembunyikan seperti di atas, cara cek daftar video lebih gampang seperti di bawah ini:

  • Lihat dari Laptop

Cara termudah adalah dengan membuka Youtube dari browser laptop atau PC, kemudian login lah ke akun kamu. Pada bagian sidebar di sisi kiri halaman, kamu tinggal klik menu Liked Video, dan semua video yang pernah kamu like akan muncul di sini.

  • Cek dari HP

Caranya cukup mirip seperti di atas, yaitu login ke akun di aplikasi Youtube lalu pilih Library. Selanjutnya pilih Liked Video untuk menampilkan daftar video yang pernah kamu like.

Kesimpulannya, cara melihat like di Youtube untuk saat ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan pihak ketiga seperti salah satunya YouTube Studio yang bisa ditambahkan ke Chrome secara gratis dan gampang. Sedangkan untuk cek dislike, kamu bisa menggunakan Return Youtube Dislike.

Pojoksosmed merupakan website social media marketing agency. Kami menawarkan berbagai macam jasa untuk mengembangkan channel youtube kamu dengan cepat. Kamu bisa membeli berbagai macam kebutuhan untuk channel youtube kamu seperti untuk menambah subscriber channel youtubebeli viewer video youtubemenambah likes youtube maupun jasa tambah jam tayang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *