Ini Dia Syarat Dan Tutorial Membuat Custom Channel Di Youtube

Syarat dan tutorial membuat custom channel di Youtube sebenarnya tidak terlalu rumit. Nah, jika saat ini kamu sedang ingin mencari tahu seperti apa cara untuk mendapatkan custom channel itu, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat, sebab berikut ini akan dijelaskan secara detail langkah demi langkah untuk membuat custom channel di Youtube.

Definisi Custom Channel

Sebelum mengetahui apa saja syarat dan tutorial membuat custom channel di Youtube, maka sebaiknya kamu harus terlebih dahulu mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan custom channel. Ya, seperti diketahui Youtube saat ini semakin populer, bahkan hanya dengan mengunggah video di Youtube kamu bisa mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang cukup menggiurkan. Itulah yang menyebabkan semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadi seorang konten kreator di Youtube.

Sebagai seorang konten kreator di Youtube tentunya kamu harus mengetahui apa saja fitur dan fasilitas yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah custom channel. Pada dasarnya, custom channel itu adalah sebuah alamat khusus yang membuat alamat channel Youtube milikmu itu menjadi mudah diingat oleh subscriber, sehingga dengan kata lain mereka akan lebih mudah mengakses channel Youtubemu.

Custom channel sebenarnya juga mudah untuk dibuat, namun bukan berarti setiap orang yang memiliki channel Youtube pasti bisa mendapatkannya. Hal tersebut disebabkan, untuk bisa mendapatkan custom channel ada beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi. Jadi, hanya pemilik channel Youtube tertentu saja yang bisa membuat custom channel.

Selain itu, satu hal lagi yang perlu kamu tahu adalah ketika kamu sudah menentukan custom channel maka kamu tidak bisa mengubah lagi custom channelnya, termasuk beragam penyesuaian lainnya meliputi penggunaan angka, huruf kapital serta pengubahan karakter. meskipun tidak dapat diubah, namun jika kamu ingin mengubah custom channel yang sudah kamu buat itu, maka kamu harus menghapusnya terlebih dahulu, kemudian baru mengklaim lagi custom channel baru yang ingin kamu buat. Intinya, setiap satu channel Youtube itu hanya boleh memiliki satu custom channel, dan perlu kamu ketahui juga bahwa custom channel itu tidak dapat dipindahkan ke akun lain.

Syarat Untuk Membuat Custom Channel

Pada dasarnya hanya ada empat syarat yang diperlukan agar kamu bisa membuat custom channel, yaitu:

  1. Channel Youtube yang kamu miliki itu minimal harus sudah mempunyai 100 subscriber
  2. Channel Youtube yang kamu miliki itu harus sudah berusia 30 hari, jadi misalnya kamu sudah punya lebih dari 100 subscriber namun usia akun Youtubemu itu masih kurang dari 30 hari, maka tentu saja kamu tetap tidak bisa membuat custom channel
  3. Channel Youtube yang kamu miliki itu harus sudah dilengkapi dengan foto profil
  4. Channel Youtube yang kamu miliki itu harus sudah dilengkapi dengan gambar header

Setelah semua syarat yang dibutuhkan itu terpenuhi maka kamu perlu melanjutkan membaca artikel tentang syarat dan tutorial membuat custom channel di Youtube ini, jika kamu masih tetap ingin membuat custom channel Youtube.

Tutorial Membuat Custom Channel Di Youtube

Setelah semua syarat terpenuhi, kamu bisa melihat notifikasi di setelah akun lanjutan atau mungkin akan ada notifikasi di dasbor Creator Studio, selain itu kamu juga akan menerima notifikasi langsung melalui email. Nah, setelah mendapatkan notifikasi itu, untuk melanjutkan membuat custom channel, kamu perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Lakukan login ke Youtube
  • Masuk ke akun lanjutan, caranya dengan mengklik ikon roda gir yang letaknya ada di kanan atas
  • Selanjutnya, pilih Settings (Setelan)
  • Kemudian, klik Lanjutan yang terletak di bawah nama akun channel Youtubemu, atau selain cara ini kamu juga bisa langsung mengunjungi halaman ini https://www.youtube.com/account_advanced
  • Jika channel Youtube yang kamu miliki memang benar telah memenuhi syarat untuk mendapatkan custom channel, maka pada bagian “Setelan Channel” kamu akan melihat link dengan tulisan “Anda berhak mendapatkan URL kustom”
  • Selanjutnya, kamu perlu mengklik klaim agar bisa mendapatkan custom channel
  • Lalu, klik “Dapatkan URL kustom”
  • Setelah itu, kamu akan bisa melihat URL kustom (custom channel) yang telah mendapat persetujuan. Pada kotak berwarna abu-abu itu, kamu tidak bisa mengubah tulisannya, namun kamu bisa menambahkan beberapa huruf atau angka sehingga custom channel yang kamu buat itu akan terlihat lebih unik.
  • Setelah selesai menambahkan huruf atau angka untuk membuat custom channel, maka kamu wajib membaca dan memahami “Syarat Penggunaan Custom Channel” pastikan kamu membacanya dengan cermat sebelum mencentang kotak yang berarti kamu telah menyetujuinya
  • Kemudian, jika kamu sudah merasa yakin dengan custom channel yang sudah kamu buat itu maka langsung saja klik “ubah URL” dan pada saat itu juga kamu sudah mendapatkan custom channel. Namun, jika kamu masih belum yakin, ya kamu tinggal klik “Batal” saja, dan kamu akan kembali.
  • Setelah melakukan konfirmasi untuk mengubah URL dan kamu malah menemukan error, contohnya seperti “Channel tidak ditemukan” maka kamu tidak perlu merasa panik, sebab solusinya sangat sederhana, kamu hanya perlu memuat ulang (reload) halaman, maka semuanya akan kembali normal.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat custom channel di Youtube? Jadi, setelah kamu sudah punya custom channel maka orang yang ingin menonton video-video yang ada di channel Youtube milikmu itu dapat langsung mengakses channel dengan menggunakan custom channel tersebut, misalnya saja jika nama custom channelmu itu “customchannelanda”, maka jika ada orang yang ingin menonton video-video di akun channel Youtubemu, dia hanya perlu menulis youtube.com/customchannelanda, dan secara langsung Youtube akan mengarahkannya ke halaman beranda channel Youtube milikmu.

Itulah beberapa informasi mengenai syarat dan tutorial membuat custom channel di Youtube yang perlu kamu ketahui, apalagi jika kamu saat ini ingin mulai merintis karier sebagai konten kreator atau yang kini lebih dikenal dengan istilah youtuber. Memiliki custom channel tentunya akan semakin memudahkanmu memanjakan orang-orang yang menjadi pelanggan channel Youtubemu, sebab mereka akan lebih mudah dalam mengakses channel Youtube yang kamu miliki itu.

Semoga ulasan singkat tentang syarat dan tutorial membuat custom channel di Youtube ini bisa bermanfaat khususnya bagi para youtubers pemula yang masih cukup awam dengan berbagai fitur dan fasilitas yang disediakan oleh Youtube. Untuk menjadi seorang konten kreator yang handal di Youtube memang sangat diperlukan pemahaman lebih mendalam pada beragam fitur dan fasilitas yang disediakan oleh platform berbagi video terbesar di dunia tersebut.

Hal seperti itu memang perlu dilakukan agar kamu khususnya yang masih pemula dapat memanfaatkan Youtube dengan lebih maksimal, baik itu sebagai tempat berbagi informasi dan hiburan sekaligus mendapatkan penghasilan menggiurkan dan salah satu caranya tentu dengan memudahkan penonton mengakses channel Youtubemu menggunakan custom channel yang kamu buat itu.

meri puspita
 

1
Halo, terima kasih telah menghubungi pojoksosmed.com
Ada yang bisa di bantu?
Powered by

Server Youtube Subscribers sedang down, untuk sementara kami tidak menerima orderan subscribers dulu.