Cara Youtuber Dapatkan 4000 Jam Tayang dengan Cepat Aman

Penasaran bagaimana cara youtuber dapatkan 4000 jam tayang dengan cepat? Tenang, ada trik khusus yang bisa dilakukan. Tapi yang terpenting, Anda perlu memulainya dengan melakukan perhitungan secara matematis agar targetnya jelas.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak Anda untuk membahas solusi mudah mendapatkan 4.000 jam tayang di Youtube. Selamat menyimak.

Mengapa 4000 jam tayang sangat penting di Youtube?

Ada satu pertanyaan mendasar mengapa 4000 jam tayang begitu penting buat semua youtuber, mengapa pula para youtuber pemula mengejar target ini.

Jawabannya sangat simpel, yakni untuk menghasilkan uang di Youtube.

Mengapa 4000 jam tayang sangat penting di Youtube

Seperti yang kita tahu, youtube memiliki peraturan yang jelas buat seluruh penggunanya yang ingin memonetisasi channel atau mendaftarkan akunnya ke Google Adsense agar bisa menghasilkan uang.

Salah satu aturan atau syarat untuk mendaftarkan akun ke Google Adsense tersebut adalah pencapaian 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir. Jadi, Anda harus menjaga kestabilan view selama 1 tahun ke belakang agar bisa mencapai target ini.

Apabila Anda tidak bisa mencapai target ini, maka jelas Anda tidak bisa mendaftar ke Google Adsense. Itu berarti Anda pun tidak bisa memasang iklan di konten yang Anda buat.

Selain syarat tersebut, ada syarat lain yang lebih mudah dicapai, yakni memiliki minimal 1.000 subscribers aktif. Bila Anda belum mencapai target ini, maka salah satu solusinya adalah dengan beli subscriber murah berkualitas.

Cara youtuber dapatkan 4000 jam tayang dengan cepat, aman, dan mudah

Apabila Anda sudah yakin untuk menghasilkan uang melalui Youtube, maka mau tidak mau Anda harus mencapai target 4000 waktu tayang selama 1 tahun terakhir.

Cara youtuber dapatkan 4000 jam tayang dengan cepat, aman, dan mudah

Meski sulit, ini bukanlah misi yang mustahil. Faktanya, banyak youtuber pemula yang berhasil memonetisasi akunnya dalam waktu yang cukup singkat.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat ditempuh untuk meraih target tersebut:

Lihat juga >>  Cara Minimize Youtube di PC, Android, dan iPhone

Melakukan perhitungan secara matematis agar targetnya jelas

Agar targetnya makin jelas dan cara yang Anda lakukan bisa seiring dengan target tersebut, maka lakukanlah perhitungan secara matematis.

Berikut ini adalah perhitungan perolehan 4000 jam tayang secara logis dan matematis:

4000 jam = 240.000 menit.

Artinya, dalam 12 bulan terakhir, Anda harus mendapatkan 240.000 menit waktu tonton. Itu berarti, dalam sebulan, Anda harus memperoleh 20.000 menit views.

Untuk mendapatkan waktu tonton 240.000 menit, ada beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan, di antaranya:

  1. Membuat video sejumlah 24.000 dengan durasi 10 menit dan asumsi 1 view per video.
  2. Membuat video sejumlah 2.400 dengan durasi 10 menit dan asumsi 10 view per video.
  3. Buat konten sebanyak 240 dengan durasi 10 menit dan asumsi 100 view per video.

Masing-masing kondisi di atas harus dicapai selama 1 tahun. Artinya:

  • Untuk kondisi pertama, Anda harus membuat 24.000 konten dalam 12 bulan, 2.000 konten per bulan, atau sekitar 667 video per hari. Ini sangat tidak mungkin.
  • Kondisi kedua, Anda harus membuat 2.400 video dalam 12 bulan, 200 konten per bulan, atau sekitar 67 video per hari. Ini juga tidak terlalu mungkin.
  • Kondisi ketiga, buatlah sebanyak 240 konten dalam 12 bulan, 20 per bulan, atau hanya 5 konten per minggu. Ini adalah pilihan yang paling mungkin.

Artinya, untuk serius di sini, Anda perlu menyiapkan 240 bahan atau ide untuk membuat konten yang unik dan menarik kemudian dioptimasi supaya view-nya tinggi.

Pilih niche yang paling banyak dicari dengan tingkat persaingan rendah

Dengan menentukan perhitungan matematikanya sebagaimana ditulis di atas, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk menentukan jumlah konten minimal yang bisa diunggah atau diterbitkan.

Lihat juga >>  Cara Hapus Riwayat Youtube di HP & PC, Manual & Otomatis

Yang tak kalah penting, pilihlah niche atau tema utama yang jelas agar bisa dikembangkan menjadi 240 judul berbeda di channel Anda.

Pemilihan niche ini bisa dilakukan berdasarkan apa yang Anda kuasai, passion, persaingan, dan nilai revenue-nya.

Misalnya, jika Anda memiliki keahlian memasak dan passion-nya memang di sana, maka membuat channel memasak bisa jadi pilihan. Apalagi ada banyak pilihan resep masakan yang dapat Anda kembangkan. Mulai dari baking sampai masakan ala Indonesia.

Buatlah thumbnail yang menarik

Cara youtuber dapatkan 4000 jam tayang dengan cepat - Thumbnail yang menarik

Belajarlah cara mendesain thumbnail youtube dengan baik. Dengan desain thumbnail yang baik, Anda bisa menarik perhatian para pengguna Youtube lain. Selain itu, Anda juga bisa memenangkan persaingan saat konten tersebut masuk ke halaman pencarian.

Buatlah judul yang relevan dengan isi kontennya

Agar tidak jadi clickbait, pilihlah judul yang sesuai dengan isi kontennya. Untuk judul utama, masukkan unsur keyword ke dalamnya sehingga mudah menembus halaman pencarian.

Sementara judul thumbnail, usahakan untuk tidak melebih-lebihkannya. Buatlah natural dan tetap relevan.

Unggah video secara konsisten dan rutin

Konsistensi sangat penting untuk memenangkan persaingan pasar. Terlebih, dengan perhitungan matematis sebagaimana disampaikan di atas, target mingguannya pun sangat jelas.

Bila mau mengikuti perhitungan di atas, maka uploading video dapat dilakukan minimal 5 kali dalam seminggu. Itu artinya, hampir setiap hari Anda perlu melakukan pengunggahan.

Agar lebih mudah dalam mengelolanya, silakan tetapkan jadwal unggahnya dan ikuti jadwal tersebut secara disiplin.

Buatlah playlist

Waktu tayang juga bisa didapatkan dengan cara membuat playlist pada channel. Misalnya, Anda membuat channel pendidikan, maka silakan optimasi view-nya dengan membuat playlist tentang materi yang saling berkaitan.

Contoh: di minggu pertama, silakan buat konten penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pecahan, serta contoh soal mengenai kombinasi keempatnya. Semua konten ini bisa dijadikan dalam satu playlist sehingga anak-anak yang belajar tentang pecahan bisa menemukannya dengan mudah.

Lihat juga >>  2 Cara Buat Stabilizer Kamera DSLR dan HP Sendiri di Rumah

Manfaatkan endscreen

Cara youtuber dapatkan 4000 jam tayang berikutnya adalah dengan memanfaatkan end screen atau fitur cards. Caranya adalah dengan merekomendasikan video lain di akhir konten yang sedang ditonton oleh para viewers.

Pastikan bahwa videonya berkaitan sehingga mengundang rasa penasaran para viewers.

Gunakan longtail keyword

Agar bisa masuk ke halaman pencarian, perhatikanlah SEO. Salah satu caranya adalah dengan memakai kata kunci yang panjang atau long-tail keyword. Kata kunci semacam ini memiliki potensi yang lebih besar karena lebih jelas dan terarah.

Perbanyak video

Sesuai dengan perhitungan di atas, Anda harus memperbanyak video agar bisa mendapatkan jam tayang yang tinggi.

Promosikan konten

Agar jumlah view-nya tinggi, rajin-rajinlah melakukan promosi channel. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membagikan link menonton video setelah kontennya selesai diunggah ke Youtube.

Selain itu, jadilah pengguna aktif dengan bertukar komentar dengan pengguna aktif lainnya baik di channel pribadi maupun orang lain.

Buat blog dan silakan link-kan dengan channel

Buatlah blog atau situs pribadi untuk menunjukkan profesionalitas. Jangan lupa sertakan embed link pada postingan yang Anda buat di blog tersebut.

Beli jam tayang

Bila dengan cara-cara manual sebagaimana disebutkan di atas jam tayangnya masih belum ada 240.000 menit dalam 1 tahun terakhir, maka silakan beli jam tayang youtube terbaik.

Pilihlah partner terpercaya agar jumlah views-nya juga berkualitas. Sampai saat ini, sudah banyak youtuber yang melakukan cara ini dan terbukti berhasil.

Itulah beberapa cara youtuber dapatkan 4000 jam tayang dengan cepat yang harus Anda tahu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

meri puspita
 

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami