Lantas, bagaimana jika dalam satu waktu Anda menggunakan sesuatu yang merupakan hasil karya orang lain dalam konten yang diunggah di youtube?

Akibat copyright youtube

Jika hal ini terjadi, tentu akan ada akibat yang terjadi pada konten yang dibuat. Pertama kali, mungkin Anda akan mendapatkan peringatan terlebih dulu.

Namun bila peringatan sudah tidak diindahkan, maka bisa jadi konten akan langsung menghilang dari hasil pencarian dan tidak bisa diakses lagi.

Meskipun engagement-nya di youtube analisis sudah tinggi. Bagi Youtube, selama video tersebut mengandung karya orang lain (tidak original), maka ini bisa dipersengketakan sehingga harus segera di-takedown.

Bila konten tersebut sudah ada iklannya atau akun sudah terdaftar di Google Adsense, maka imbasnya akan lebih parah lagi. Yakni penghasilan bisa jadi tidak akan cair selama beberapa bulan atau yang terparah akun akan tersuspend.

Jadi intinya, postinglah atau unggahlah konten yang memang berisi hasil karya pribadi. Bukan plagiat, tiruan, apalagi mengandung hak cipta orang lain.

Membuat konten terbaik yang aman dari copyright

Kami sadar, menciptakan video yang menarik dan mengundang banyak kunjungan atau viewer memang tidak semudah membalik telapak tangan.

Membuat konten terbaik yang aman dari copyright

Anda harus memikirkan bagaimana videonya, audionya, musik latarnya, dan penempatan-penempatan editing yang pas.

Masalahnya, skill seseorang kadang tidak cukup untuk melakukan itu semua. Belum lagi waktu yang dibutuhkan pasti sangat panjang.

Untuk itu, yang dibutuhkan adalah solusi supaya tetap dapat membuat konten kece tanpa merugikan pihak lain.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan musik atau hasil karya yang no copyright atau copyright free.

No copyright adalah

Setelah mengerti apa itu copyright, Anda juga harus tahu negasinya, yakni no copyright.

Pengertian no copyright adalah segala bentuk ciptaan atau hasil karya yang tidak punya hak cipta sehingga bebas digunakan oleh siapa saja. Biasanya tanpa perlu menyertakan sumber atau semacamnya.

Lihat juga >>  Apa Itu Copyright Di Youtube Dan 5 Cara Menghindarinya

Tapi, jika memang ada link sumber dan Anda mau menyertakannya pun tak jadi masalah. Ini adalah sebagai bentuk rasa terima kasih dan penghormatan secara pribadi kepada penciptanya.

Sebagai contoh, untuk pembuatan konten di youtube dibutuhkan musik latar yang beraneka ragam supaya penonton tak bosan.

Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, sekarang ada banyak sekali tempat download musik yang tidak dilekati dengan hak cipta atau free hak cipta.

Tempat download musik free royalty

Berikut ini adalah beberapa situs yang bisa dipakai untuk mengunduh musik-musik free royalty:

  1. Bensound.com.
  2. Mixkit.co.
  3. Hooksounds.com.
  4. Filmstro.com, dll.

Sebenarnya, youtube sendiri punya koleksi musik yang dapat dipakai oleh penggunanya saat mengunggah sebuah konten. Akan tetapi pilihannya terbatas sehingga kemungkinan untuk bereksplorasi mungkin kurang.

Memakai aplikasi editing yang sudah ada musiknya

Agar makin mudah, Anda bisa pakai aplikasi editing video yang sudah ada musik latarnya. Di sini, biasanya ada info link musiknya sekalian yang bisa ditulis di kolom deskripsi pada saat mengunggah video.

Salah satu contohnya adalah aplikasi “Intro Maker”. Aplikasi ini khusus untuk membuat intro youtube yang sudah dilengkapi dengan musik-musik keren dan link-link sumbernya untuk dicantumkan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Youtube selalu menghendaki sebuah konten yang original. Untuk itu, agar bisa mendapatkan engagement dan like tinggi Anda harus membuat sesuatu yang menarik dan original.

Namun, bila memang tidak memungkinkan, Anda bisa beli views youtube atau terpaksa menggunakan karya orang lain tapi dengan menyertakan sumber.

Terakhir, sebagai youtuber yang sudah mengerti apa itu copyright hendaknya kita saling menghormati sesama pencipta. Menjaga sopan santun dan saling memohon izin bilamana menggunakan ciptaan orang lain. Dengan begini konten kita juga akan terjaga dari tindakan jahat dari orang lainnya.

Lihat juga >>  Cara Masuk ke Creator Studio Youtube di Android dan PC

morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.