Penasaran Kalau Ada yang Unfollow? Ini Cara Mengetahui Unfollowers Instagram Kamu!

Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana ada beberapa teman atau followers melakukan unfollow akun Instagram tiba-tiba? Mungkin ada orang yang cuek karena tidak dianggap penting, namun ada juga yang sangat penasaran.

Kemudian juga memberikan perasaan tidak tenang karena berfikir apakah orang tersebut benci padamu, tidak tertarik, merasa terganggu, atau semacamnya. Kalau satu atau dua saja tidak jadi masalah, apalagi kalau pengikut kamu sudah mencapai ribuan bahkan ratusan ribu seperti artis.

Akan tetapi kalau jumlah unfollowers sangat banyak, tentu saja jadi pertanyaan besar dan bikin kepikiran. Ingin sekali mengetahui siapa saja orang tersebut namun Instagram tidak bisa langsung mengidentifikasinya.

Terlebih lagi sosial media yang satu ini bisa diakses masyarakat luas dari berbagai macam penjuru daerah, mulai dari dalam maupun luar negeri. Tak heran kalau sangat sulit untuk menemukan akun mana saja yang tega melakukan unfollow.

Cara Melihat Unfollowers Instagram

Instagram memang tidak punya fitur resmi untuk melihat siapa saja yang melakukan unfollow Instagram kamu. Alasannya karena tindakan tersebut memang jadi hak setiap pengguna dan sudah jadi kewajiban pihak Instagram untuk tidak menyebar luaskan identitas orang tersebut.

Tapi kalau kamu merasa sangat penasaran, bisa kok menggunakan alternatif lain. Salah satu caranya adalah sebagai berikut:

unfollowgram.com
  1. Gunakan situs unfollowgram.com yang dapat diakses pada komputer, laptop, maupun smartphone kamu. Setelah masuk ke halaman utama, segera log in dengan menggunakan nama ID serta password Instagram seperti biasa.
  2. Setelah itu, lakukan pengaturan kecil yaitu mengizinkan situs unfollogram.com untuk mengakses akun kamu. Nantinya akan muncul pemberitahuan di awal secara otomatis, tinggal pilih saja menu Authorize.
  3. Tahap yang terakhir adalah memasukkan email aktif, yang dipakai untuk akses Instagram. Tujuannya adalah agar kamu tahu informasi terbaru dari para unfollowers. Nanti kamu akan mengetahui siapa saja akun yang berhenti mengikuti. Terdapat lima jenis menu antara lain Who Unfollowed Me, Who Doesn’t Follow Me Back, Who I Don’t Follow Back, Follower aktifdan Following.

Selain menggunakan situs unfollowgram.com, kamu juga bisa menggunakan aplikasi resmi yang sudah ada di Playstore atau Appstore bernama Insta Follow for Instagram (update: tidak rekomendasi karena bad rating yang ada). Kalau yang satu ini jauh lebih simpel karena bisa langsung kamu akses dengan mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

instafollow
  1. Download aplikasinya dan kemudian install di smartphone.
  2. Lakukan Log In dengan nama ID serta password Instagram. Nanti juga akan muncul pemberitahuan berupa izin mengakses akun tersebut. Klik saja tombol Authorize!
  3. Kalau sudah maka kamu bisa langsung mengetahui informasi seputar Instagram, seperti followers, unfollowers, siapa yang melakukan block, dan sebagainya. Terdapat beberapa macam menu di aplikasi ini yaitu Lost Follower, Non Follower, Mutual Friends, Blockers, Gained Followers, dan Fans.

Unfollowers Membuat Rugi

Lho, apa hubungannya unfollow Instagram dengan untung dan rugi? Tentu saja ada hubungannya dan sangat penting sekali. Mungkin kalau kamu hanya menggunakan Instagram sebagai sarana komunikasi atau hiburan memang tidak terlalu merugikan.

Tapi bagaimana kalau kamu seorang pebisnis dan membuka sebuah online shop melalui media Instagram? Semakin berkurangnya pengikut ataufollowers tentu saja berbahaya. Kalau hanya beberapa saja mungkin sudah biasa, namun kalau sampai ratusan atau lebih maka bisa merugikan bisnis tersebut.

Ini menandakan kalau produk yang kamu jual bermasalah, entah itu kurang menarik, membuat kecewa pelanggan, pelayanan kurang memuaskan, dan sebagainya.

Tak hanya bagi orang yang berbisnis saja melainkan juga pengguna Instagram lainnya, seperti para artis, entertainer, makeup artis, fotografer, dll. Bayangkan kalau makin hari pengikut menurun drastis maka orang lain bisa hilang kepercayaan terhadap mereka.

Para seniman seperti fotografer bisa kehilangan popularitas, make up artis kekurangan pelanggan, dan masih banyak lagi. Meskipun merugikan, tetapi masalah unfollowers ini tidak bisa dihindari karena merupakan hak tiap orang. Suka atau tidak, tetap saja kamu tidak bisa memaksa orang-orang tersebut untuk melakukan follow lagi.  

Tips Agar Menambah Followers

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan tambahan jumlah followers di Instagram? Kamu juga pasti sangat sedih dan bertanya-tanya kenapa pengikut semakin berkurang. Terlebih lagi kalau kamu mempunyai bisnis atau online shop tertentu.

Kehilangan satu followerssama halnya dengan kehilangan calon pembeli bukan? Nah, ada tips sederhana yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan pengikut dengan cepat.

1. Posting Gambar dan Video Menarik

selfie

Cara pertama adalah dengan mengunggah sesuatu yang menarik sehingga banyak orang ingin mengunjungi akun kamu. Ada berbagai macam cara untuk membuat postingan gambar ataupun video menjadi bagus.

Salah satunya adalah dengan mengeditnya terlebih dahulu, bisa ditambahkan filter, tulisan, frame, memperhatikan pengaturan cahaya, warna, dan lain sebagainya.

Kamu bisa lihat akun Instagram milik salah satu fotografer atau orang yang hobi fotografi. Pastinya gambar yang dipajang sangat cantik dan berseni sehingga menarik perhatian orang lain.

2. Hindari Hal-Hal Negatif

Sekarang ini sedang musimnya sosial media crime atau kejahatan melalui media sosial, khususnya di Instagram. Banyak orang yang memanfaatkan media ini sebagai sarana berbuat jahat, misalnya saja mencemarkan nama baik seseorang, pelecehan seksual, jual beli senjata tajam, dan sebagainya.

Kamu harus menghindari hal negatif tersebut. Usahakan berfikir dua kali terlebih dahulu sebelum memposting sesuatu di gallery Instagram, apakah hal tersebut merugikan orang lain atau tidak. Tentunya memamerkan sesuatu yang baik dan bermanfaat bisa menarik simpati pengguna lainnya. Dengan begitu jumlah followers akan terus bertambah.

3. Gunakan Hashtag atau Tagar

Seringkali banyak orang menyepelekan penggunaan hashtag atau tagar pada postingan Instagram. Padahal tanda yang satu ini fungsinya sangat penting karena bisa membuat orang lain menemukan dan melihat postingan kamu lebih cepat serta mudah.

4. Follow Artis dan Orang Terkenal

Ini bisa jadi salah satu cara mendapatkan banyak pengikut. Dengan memfollow beberapa akun artis dan orang terkenal maka makin banyak pula masyarakat yang menemukan akunmu. Jangankan dalam negeri, bisa jadi orang asing juga jadi pengikut akun Instagram kamu.

Itulah tadi cara mudah untuk melihat unfollowers pada Instagram. Kalau ingin lebih praktis sebaiknya download aplikasi resminya saja. Tanpa perlu bolak balik membuka situs di internet, kamu bisa langsung mengakses segala informasi dalam satu wadah.

Mengetahui siapa saja orang yang melakukan unfollow memang sebetulnya agak penting tidak penting. Akan tetapi tidak ada salahnya jika sekedar untuk melampiaskan rasa penasaran.

Bahkan cara ini sangat berguna sekali lho bagi kamu yang berniat membangun bisnis onlinemelalui Instagram. Dengan rutin mengecek jumlah pengikuti maka bisa merencanakan strategi pemasaran atau promosi lebih jitu lagi nantinya.

Perlu juga diingat kalau sosial media tersebut jangan terus dijadikan patokan popularitas., misalnya saja merasa sedih dan jengkel karena pengikutnya berkurang.

Gunakanlah Instagram untuk melakukan berbagai macam hal positif seperti memamerkan karya, berbagi informasi, motivasi, atau sebatas hiburan saja. Jangan sampai kamu memanfaatkannya untuk merugikan dan menyakiti orang lain ya!

morgan
 

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

1
Halo, terima kasih telah menghubungi pojoksosmed.com
Ada yang bisa di bantu?
Powered by

Server Youtube Subscribers sedang overload, speed saat ini hanya mendapatkan 5-10 subscribers /hari. Order berarti setuju